Ekonomi

Bank Dunia, IMF Bantu Ukraina Dalam Beberapa Minggu dan Bulan Mendatang

INDOPOSCO.ID – Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) pada Selasa (1/3) mengatakan mereka berlomba untuk memberikan miliaran dolar dana tambahan ke Ukraina dalam beberapa minggu dan bulan mendatang, menambahkan perang di sana menciptakan “limpahan yang signifikan” ke negara-negara lain.

Ketua IMF Kristalina Georgieva dan Presiden Bank Dunia David Malpass mengatakan perang mendorong harga-harga komoditas lebih tinggi, yang berisiko memicu inflasi lebih lanjut, dan gangguan di pasar keuangan akan terus memburuk jika konflik terus berlanjut. Sanksi yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat, Eropa dan sekutu lainnya juga akan memiliki dampak ekonomi yang signifikan.

Para pemimpin tersebut mengatakan bahwa mereka sangat terkejut dan sedih dengan perang tersebut, tetapi tidak secara eksplisit menyebut Rusia, yang merupakan pemegang saham di kedua institusi tersebut. Rusia memulai invasi skala penuh ke Ukraina pada 24 Februari dan angkatan bersenjatanya membombardir daerah perkotaan Ukraina.

Baca juga : Bank Dunia dan IMF Pindahkan Staf dari Ukraina

“Orang-orang terbunuh, terluka, dan terpaksa melarikan diri, dan kerusakan besar terjadi pada infrastruktur fisik negara itu,” kata Georgieva dan Malpass dalam sebuah pernyataan bersama.

“Kami mendukung rakyat Ukraina melewati perkembangan yang mengerikan ini. Perang juga menciptakan dampak yang signifikan ke negara-negara lain.”, Rabu (2/3), seperti dilansir Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button