Ekonomi

Presidensi G20 Peluang Pengembangan Kolaborasi Ekonomi Digital

INDOPOSCO.ID – Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Eko Listiyanto menilai momentum Presidensi Indonesia dalam G20 tahun ini dapat menjadi peluang pengembangan kolaborasi ekonomi digital.

“G20 sekarang menjadi kiblat baru ekonomi global, mengingat negara-negara anggotanya mewakili 80 persen PDB dunia. Kalau mau mengambil peran dalam ekonomi digital saat ini, strategi yang lebih tepat bagi Indonesia yakni mengembangkan kolaborasi-kolaborasi dengan negara-negara G20,” ujar Eko di Jakarta, Selasa (22/2/2022).

Ekonom tersebut melihat sebenarnya sektor ekonomi digital, penggerak atau driver utamanya adalah sektor swasta sedangkan pemerintah berperan sebagai fasilitator.

Berita Terkait

Dalam G20 ini akan lebih bagus kalau pendekatannya itu bagaimana kemudian di dalam strategi mendorong transformasi ekonomi digital dengan memanfaatkan momentum G20 tahun ini, melalui upaya menjembatani sektor swasta Indonesia yakni startup-startup Indonesia yang nantinya bisa menghadirkan bentuk-bentuk peluang kerjasama antara Indonesia dengan India, Indonesia dengan China atau dengan negara-negara G20 lainnya.

Baca Juga: Presidensi G20 Peluang Undang Lebih Banyak Investor

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button