Ekonomi

Brantas Abipraya Bantu Wujudkan Hunian untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

INDOPOSCO.ID – PT Brantas Abipraya (Persero) menyampaikan bantuan kemanusiaan untuk meringankan beban para korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kini turut berkontribusi mewujudkan hunian untuk korban dengan membangun hunian tetap (huntap) yakni Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA).

“Ya, bersama Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) kami membangun rumah tahan gempa ini dengan menggunakan Panel RISHA. Nantinya kami akan menuntaskan kurang lebih sebanyak 1.110 unit hunian dengan luas bangunan 6x6m,” ujar Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya, Miftakhul Anas dalam keterangannya, Rabu (16/2).

Ditambahkannya, rancang desain denah hunian tetap dengan tipe 36 ini dibangun pada tanah seluas 10×14 meter untuk setiap Kepala Keluarga (KK). Nantinya, RISHA ini juga telah dilengkapi fasilitas berupa kamar mandi, kamar tidur dan ruang multiguna untuk ruang tamu serta ruang keluarga. Mulai dikerjakan pada Februari ini dan sudah terbangun dengan ter-install panel risha 100 persen ada 139 unit, dan proses pasang ada 93 unit. Proyek inipun ditargetkan rampung sebelum fase transisi darurat berakhir, yakni akhir April 2022.

Tak hanya membangun huntap untuk warga korban bencana yang terjadi di akhir tahun lalu di Jawa Timur, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) konstruksi yang dikenal terunggul dalam pembangunan bendungan ini juga telah membersihkan Jalan Nasional Ruas Bts. Kabupaten Malang – Bts. Kabupaten Lumajang; pembangunan jembatan gantung untuk pejalan kaki; penanganan jalan alternatif Ruas Pasirian-Tempusari; rekonstruksi Jalan Nasional Link 062; dan clearing lokasi Huntara (Hunian Sementara) dan Huntap dengan luas total 80 Hektar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button