Ekonomi

Dalam Sepekan, Bea Cukai Berhasil Tindak Jutaan Batang Rokok Ilegal di Jateng dan Jatim

INDOPOSCO.ID Bea Cukai berkomitmen secara tegas akan menindak segala jenis pelanggaran terkait peredaran rokok ilegal. Hasilnya, pekan lalu tepatnya tanggal 1 hingga 6 Februari 2022, Bea Cukai berhasil menindak dan meggagalkan pengiriman jutaan barang rokok ilegal di Jateng dan Jatim. Dari hasil penindakan ini, Bea Cukai berhasil mengamankan miliaran rupiah potensi kerugian negara.

Kasubdit Humas dan Penyuluhan, Hatta Wardhana menjelaskan bahwa saat keluar dari pabrik, rokok sebagai barang kena cukai (BKC) harus dalam bentuk kemasan dan telah dilekati pita cukai asli. Namun masih kita jumpai rokok yang diangkut dan dipasarkan dengan tidak dilekati pita cukai. Hal ini melanggar ketentuan dan dikategorikan sebagai rokok ilegal. “Ini yang harus kita tidak,” tegasnya.

Di Jateng, tim gabungan Bea Cukai Kudus, Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY, dan Bea Cukai Tegal berhasil menggagalkan pengiriman rokok ilegal di Jalan Subah, Batang, pada Jumat (04/02). Pengiriman rokok ilegal tersebut disembunyikan di bawah tumpukan mie kering yang diangkut menggunakan truk.

Baca Juga : Lagi, Bea Cukai Terbitkan Izin Fasilitas PLB dan KB di Dua Kota Ini

Hatta menjelaskan bahwa tim mendapatkan informasi terkait pengiriman rokok ilegal dari Jepara. Setelah dilakukan penyisiran di wilayah Jepara dan Pantura, tim berhasil menemukan kendaraan dengan ciri-ciri yang diinfirmasikan. Tim segera menghentikan truk dan melakukan pemeriksaan.

“Dari hasil pemeriksaan, ditemukan 59 karung rokok ilegal dalam kemasan siap edar tanpa dilekati pita cukai, dengan merk Joyomid dan Joyo Biru. Total ditemukan 952.000 batang rokok ilegal jenis sigaret kretek mesin (SKM), dengan perkiraan nilai barang Rp 1.085.280.000 dan potensi kerugian negara sebesar Rp 727.080.480,” terang Hatta.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button