Ekonomi

Melalui CVC, Bea Cukai Lakukan Pendampingan Pelaku Industri Dalam Negeri

INDOPOSCO.ID – Dalam menjalankan fungsi pendampingan pada pelaku industri (industrial assistance), Bea Cukai kembali lakukan Customs Visit Customer (CVC) di berbagai daerah.

Kegiatan CVC bertujuan untuk menjalin komunikasi dan memberikan dukungan kepada para pengguna jasa Bea Cukai dalam meningkatkan daya saing industri dalam negeri.

Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana, menyatakan bahwa selain memberikan asistensi kepabeanan dan cukai pada pelaku usaha, kegiatan CVC juga sebagai wadah Bea Cukai dalam mengetahui permasalahan di lapangan.

“Kegiatan CVC merupakan momentum yang bagus bagi Bea Cukai untuk mendengarkan masukan, saran maupun kendala yang dihadapi para pengguna jasa,” ujar Hatta.

Pada bulan Januari, Bea Cukai lakukan kegiatan CVC pada tiga daerah, antara lain Jakarta, Banggai, dan Kebumen. Di Wilayah Jakarta, Bea Cukai Marunda melakukan kunjungan ke PT Puninar Sranaraya selaku pengguna fasilitas Pusat Logistik Berikat (PLB), pada Selasa (12/01).

Baca juga : Pemerintah Terbitkan Aturan Terbaru Pembebasan Bea Masuk atas Impor Kembali Barang yang Telah Diekspor

Dalam kegiatan tersebut, Riyanto, Presiden Komisaris PT Puninar Saranaraya menjelaskan rekam jejak dan keberlangsungan bisnis perusahaan di masa pandemi.

Kegiatan Bea Cukai Marunda dilanjutkan dengan peninjauan lapangan gudang PLB milik PT KBN Prima Logistik. Pada tahun 2022, PT KBN Prima Logistik berencana untuk mengajukan penambahan pelanggan (customer) dengan jenis komoditas barang yang ditimbun berupa jagung, kedelai, dan produk hasil pertanian lainnya.

Bea Cukai memberi arahan agar perusahaan dapat memperhatikan ketentuan tata niaga impor dari Kementerian Perdanganan, Kementerian Pertanian dan/atau instansi terkait lainnya sebelum mengajukan penambahan customer ke Kantor Wilayah Bea Cukai Jakarta.

Sementara itu di Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah, Bea Cukai Luwuk bersama Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara (Sulbagtara) menyelenggarakan CVC ke PT Donggi Senoro LNG, pada Kamis (27/01).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button