Ekonomi

Literasi Digital Prioritas Utama Sukseskan Presidensi G20 Indonesia

INDOPOSCO.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyampaikan meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia ke level baik menjadi prioritas utama pihaknya untuk menyukseskan Presidensi Indonesia dalam ajang G20.

“Jadi dari segi isu literasi digital, di dalam G20 Indonesia mendorong untuk menyiapkan pengukuran kecakapan digital dan literasi digital. Ini sedang digodok antara Kominfo, CSIS, dan University of Oxford. Tujuannya kita mendorong pengukuran literasi digital dan kecakapan digital itu berlaku untuk semua negara G20. Jadi ini sangat relevan dengan pekerjaan yang sedang kita lakukan (menggalakan literasi digital di Indonesia),” kata Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi dalam acara peluncuran Indeks Literasi Digital Indonesia 2021 yang disiarkan daring dari Jakarta, Kamis (20/1).

Dalam forum G20, Indonesia telah menetapkan literasi digital menjadi isu pembahasan utama yang akan dibahas bersama negara-negara peserta dan tentunya itu akan berdampak besar di dalam ajang tersebut.

Baca Juga : Tren NFT Perlu Dibarengi Penguatan Literasi Digital

Pengukuran literasi digital yang nantinya diajukan dalam G20 akan menjadi tolok ukur dari negara menyiapkan masyarakatnya untuk menghadapi realitas baru di era digital.

Dedy kemudian menjelaskan pengukuran kecakapan digital bisa dianggap sukses seperti layaknya membangun sebuah rumah yang memiliki pondasi, pilar, dan atap.

Pada bagian pondasi, negara hadir menyiapkan infrastruktur dan ekosistem yang layak untuk ruang digital bisa berkembang.

Baca Juga : Kolaborasi KemenKopUKM, MicroSave Consulting dan New York University Tingkatkan Literasi Digital dan Inklusi Keuangan UMKM

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button