Ekonomi

Rupiah Terus Melemah Dipicu Antisipasi Pengetatan Kebijakan The Fed

INDOPOSCO.ID Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu (5/1) sore ditutup melemah dipicu prediksi pelaku pasar terhadap pengetatan kebijakan bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve pada tahun ini.

Rupiah sore ini ditutup melemah 58 poin atau 0,41 persen ke posisi Rp14.371 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.313 per dolar AS.

Baca juga: Rupiah Berpotensi Menguat Jelang Tutup Tahun

“Dari dolar AS, memang memulai tahun baru dengan pelaku pasar yang kembali fokus pada kebijakan pengetatan The Fed dengan mengantisipasi kenaikan suku bunga 2 sampai 3 kali tahun ini dengan imbal hasil obligasi AS yang terus naik,” tutur analis DC Futures Lukman Leong saat dihubungi di Jakarta, Rabu (5/1), dikutip dari Antara.

Seminggu ini, lanjut Lukman, dolar AS cukup kuat dengan pelaku pasar menunggu hasil risalah rapat Komite Pasar Terbuka Federal atau FOMC minutes pada Kamis (6/1) pagi dini hari serta ekspektasi tinggi pada data ketenagakerjaan non pertanian atau Non Farm Payroll (NFP) dengan penambahan 400 ribu pekerjaan.

“Dari Indonesia, menurut saya pelarangan ekspor batu bara bulan Januari pastinya akan berdampak pada surplus perdagangan yang selama ini didominasi oleh ekspor batubara,” ucap Lukman.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button