Ekonomi

Pasokan Batu Bara untuk Dalam Negeri Dijamin

INDOPOSCO.ID – Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Satya Widya Yudha memastikan pemerintah menjamin pasokan batu bara untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri guna mencegah krisis listrik.

Dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, ia mengatakan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 22 Tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) menyebutkan porsi kebutuhan batu bara dalam negeri akan membesar, sedangkan ekspor batu bara akan berkurang dalam kurun waktu 2015-2050.

Baca juga: Langgar Mekanisme DMO Batu Bara, Jokowi Ancam Sanksi Cabut Izin Usaha

“Skenario RUEN mengatakan prioritas pemenuhan batu bara domestik terlebih dahulu, baru setelah itu bisa diekspor,” kata Satya saat menjadi pembicara dalam sebuah acara di stasiun televisi swasta dengan tema “Cegah Krisis Listrik, Pemerintah Stop Ekspor Batubara”, Rabu (5/1/2022), seperti dikutip Antara.

Menurut dia, RUEN juga membatasi ekspor batu bara lewat total produksi sebanyak 400 juta ton per tahun. Namun, realisasi produksi pada 2021 mencapai 560 juta ton dengan pemenuhan domestik sebesar 121 juta ton atau hampir 25 persen.

Satya berharap ke depan ekspor batu bara akan semakin berkurang, sedangkan pemenuhan kebutuhan domestik akan terus meningkat.

“Apabila market dalam negeri bertambah maka kebutuhan batu bara dalam negeri juga akan membesar, skenario tersebut ada dalam Perpres RUEN yang memprioritaskan kebutuhan domestik,” ujar Satya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button