Ekonomi

Dukung UMKM Go Export, Bea Cukai Berikan Pelatihan Ekspor

INDOPOSCO.ID – Kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di berbagai daerah secara kontinu berikan pelatihan ekspor kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah pelayanannya masing-masing.

Upaya ini dilakukan dalam rangka mendorong peningkatan kapasitas pelaku UMKM sehingga dapat berorientasi ekspor, mengingat pentingnya ekspor dalam mendukung perekonomian daerah dan negara. Hingga pada akhirnya diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi Indonesia.

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, pada Selasa (21/12/2021) menyebut dua kantor pelayanan Bea Cukai, yaitu Bea Cukai Tasikmalaya dan Bea Cukai Pangkal Pinang, telah menyelenggarakan pelatihan ekspor untuk para pelaku UMKM di wilayahnya.

“Kami yakin bahwa kesuksesan UMKM membawa produknya ke kancah internasional membutuhkan dukungan dari semua pihak. Salah satu dukungan tersebut ditunjukkan oleh Bea Cukai Tasikmalaya, yang bekerja sama dengan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tasikmalaya, dengan mengadakan pelatihan ekspor untuk UMKM produk unggulan Kabupaten Tasikmalaya pada tanggal 16 Desember 2021 lalu. Hal tersebut menjadi bukti komitmen Bea Cukai untuk mendorong UMKM bisa ekspor mandiri.” sebutnya.

Baca Juga: Jelang Akhir Tahun, Bea Cukai Lampaui Target Penerimaan

Dalam pelatihan tersebut, diberikan materi tentang prosedur dan tata laksana kepabeanan ekspor serta pelatihan pengisian pemberitahuan ekspor barang (PEB) mandiri.

“Gairah UMKM untuk menembus pasar ekspor sangat meningkat beberapa tahun belakangan. Hal ini seiring dengan program peningkatan ekspor yang terus disuarakan oleh Presiden. Potensi UMKM di Wilayah Priangan Timur untuk ekspor sangat tinggi, sehingga Bea Cukai terus mendorong bagaimana caranya UMKM bisa ekspor mandiri. Sudah tidak relevan jika UMKM masih melakukan ekspor melalui pihak ketiga karena sebagian keuntungan akan berpindah kepada pihak lain,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button