Ekonomi

Bea Cukai Gali Potensi Industri Dalam Negeri dan Penerimaan Negara Lewat Program CVC

INDOPOSCO.ID Bea Cukai terus berupaya mendorong ekspor guna meningkatkan potensi para pelaku usaha dalam negeri serta mendorong penerimaan negara. Upaya menggali potensi ekspor dilakukan lewat kegiatan customs visit customers (CVC) yang kali ini dilaksanakan oleh Bea Cukai Pangkalpinang, Bea Cukai Bali Nusa Tenggara, dan Bea Cukai Malang.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, menyatakan bahwa kegiatan CVC secara rutin dilaksanakan Bea Cukai sebagai bentuk pelaksanaan tugas asistensi terhadap industri dalam negeri.

“Upaya memberikan asistensi kami laksanakan dengan jemput bola mendatangi para pelaku usaha dalam negeri, memberikan asistensi di bidang kepabeanan dan cukai, agar usaha mereka dapat berkembang dan bersaing di pasar internasional,” ujar Firman.

Baca Juga: Jelang Akhir Tahun, Bea Cukai Lampaui Target Penerimaan

Kegiatan CVC yang dilakukan Bea Cukai Pangkalpinang kali ini dilaksanakan dengan mengunjungi CV Rumah Kreasi Milenial untuk melihat produk hasil kerajinan dan tumbuhan pakis monyet dan melihat proses produksi pengolahan sabut kelapa menjadi serat sabut kelapa (coco fiber) serta cocopeat yang bernilai ekonomis tinggi.

Selain itu, masih dalam rangkaian kegiatan CVC, Bea Cukai Pangkalpinang juga mengunjungi PT Palmaran Indonesia Maju. Perusahaan ini bergerak di bidang agraris untuk melakukan penimbunan limbah minyak sawit (limbah padat) hingga mencapai jumlah yang dibutuhkan untuk kemudian diekspor ke berbagai negara seperti Singapura, India, dan Tiongkok. Limbah tersebut akan digunakan sebagai bahan dasar sabun pencuci pakaian dan juga pakan ternak.

Kegiatan CVC serupa juga dilaksanakan oleh Bea Cukai Wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Kunjungan dilaksanakan ke petani arak di desa Gegalang, Karangasem. Di sana Bea Cukai berkesempatan untuk meninjau proses pengolahan tuak yang berasal dari pohon kelapa. Tidak hanya itu, Bea Cukai juga mengunjungi PT Nikki Sake yang merupakan salah satu pabrik minuman keras tradisional di wilayah Karangasem.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button