Ekonomi

Bea Cukai Berbagai Daerah Lakukan Evaluasi dan Koordinasi Pemanfaatan DBHCHT 2021

INDOPOSCO.ID – Dalam rangka melaksanakan program Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT) tahun 2021 dan perencanaan anggaran tahun 2022, Bea Cukai di berbagai daerah melaksanakan koordinasi serta sinergi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) serta Aparat Penegak Hukum lainnya guna memperlancar distribusi serta penggunaan anggaran DBH-CHT setiap daerah.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah mengatakan, alokasi anggaran DBH-CHT selama ini sudah menganut pola perbandingan alokasi 50:25:25 yaitu kesejahteraan masyarakat, penegakan hukum dan Kesehatan. Dari alokasi yang sudah dianggarkan, Bea Cukai merasa perlu untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan dari dana DBH-CHT bersama Pemda terkait.

“Dalam rancangannya, pemerintah melalui Bea Cukai telah melakukan penganggaran alokasi DBH-CHT yang proporsional untuk masing-masing bidang. Setelah tahun 2020 dana dari DBH-CHT ini mendanai lima program pemerintah secara optimal, di tahun 2021 Bea Cukai juga melakukan monitoring penggunaan dan proyeksi anggaran di 2022. Bersama Pemda dan Aparat Penegak Hukum lainnya, Bea Cukai bekerja sama dalam mengoptimalkan penggunaan dana tersebut,” ujar dia, dalam keterangannya, Senin (20/12).

Diketahui beberapa kantor Bea Cukai yang melaksanakan evaluasi atas penggunaan dana DBH-CHT antara lain Bea Cukai Lampung, Bea Cukai Madura, Bea Cukai Malang, serta Kantor Wilayah Bea Cukai Sumatera Utara. Masing-masing kantor melaporkan evaluasi yang dilakukan bersama Pemda dan perwakilan Pemerintah lainnya.

Seperti yang dilakukan Bea Cukai Lampung pada 9 Desember 2021 lalu. Dalam kesempatan tersebut, Bea Cukai Lampung menerima kunjungan Pemkab Lampung Selatan yang memfokuskan pada diskusi program kerja serta penilaian laporan DBH-CHT. Kunjungan yang dilakukan perwakilan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Lampung Selatan juga membahas pengumpulan informasi BKC Ilegal yang beredar dan program kerja di tahun depan.

Perwakilan Bea Cukai Lampung yang menerima kunjungan juga menyampaikan, pengumpulan informasi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah sangat membantu Bea Cukai dalam pemberantasan peredaran rokok illegal di wilayah Lampung Selatan.

Baca Juga : Optimalkan Pemanfaatan DBHCHT, Kementerian Keuangan Turut Sejahterakan Petani Tembakau

Bergerak ke wilayah Barat, tepatnya di wilayah Madura. Bea Cukai Madura bersama Pemkab Pamekasan melaksanakan monitoring dan evaluasi pemanfaatan DBH-CHT tahun 2021. Evaluasi meliputi lima kegiatan yaitu koordinasi, pembinaan industri melalui Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT), sosialisasi ketentuan cukai, pemberantasan rokok ilegal, dan pengumpulan informasi rokok illegal.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button