Ekonomi

Nasho Brand Lokal Siap Gandeng Investor Internasional pada Ajang IFF 2021

INDOPOSCO.ID – Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM), Orbit Future Academy, dan Inkubator Siger Innovation Hub tengah berkolaborasi dalam penyelenggaraan event berskala internasional Indonesia Fund Festival (IFF) 2021.

IFF 2021 merupakan ajang pertemuan atau business pitching antara tenant inkubator wirausaha LPDB-KUMKM dengan calon investor baik lokal maupun internasional.

Salah satu tenant inkubator yang terpilih untuk mengikuti IFF 2021 ini adalah Nasho yang merupakan startup dengan produk nano-coating anti-embun untuk kaca mata.

Adapun startup Nasho ini merupakan tenant dari Cubic Startup Incubator, Bandung, Jawa Barat yang tergabung dalam program Inkubator Wirausaha LPDB-KUMKM tahun 2021.

Chief Executive Officer (CEO) Nasho Felicia Christabella menjelaskan, bisnis dengan produk anti embun untuk kaca mata ini sudah dimulai sejak masa kuliah di SBM ITB untuk membuat bisnis berbasis teknologi.

“Saat itu, industri yang dipilih adalah nanoteknologi secara khusus coating. Berangkat dari pengalaman dan kekhawatiran, para pengguna motor terganggu penglihatannya oleh embun dan air saat hujan. Hal tersebut membuat kami bekerja sama dengan mahasiswa kimia ITB untuk membuat nano-coating anti-embun,” ujar Felicia.

Kehadiran pandemi Covid-19 yang mengharuskan setiap orang menggunakan masker juga memberikan angin segar bagi bisnis ini, sebab banyak pengguna kacamata yang mengeluhkan kacamata berembun saat beraktivitas.

Semakin berkembangnya bisnis ini, Felicia pun tak lupa untuk memiliki legalitas hukum jelas yakni berupa PT. Runesha Artha Sejahtera dengan brand yang terdaftar resmi yaitu “Nasho”.

“Untuk produk self-sleaning for eyeglass, Nasho sudah bekerja sama dengan lebih dari 80 optik dan sedang mengurus perizinan Kementerian Kesehatan untuk memperluas jangkauan ekspansi produk. Nasho juga terus mengembangkan produk self-cleaning lain seperti hygiene perfume, visor coating, dan gadget coating,” tambahnya.

*Hadapi Tantangan Bisnis*

Ditengah pesatnya perkembangan bisnisnya, berbagai tantangan juga dihadapi oleh Felicia, mulai dari kurang diterimanya produk usahanya oleh pengusaha optik, hingga perlakukan yang kurang pantas.

“Nasho merupakan brand baru dengan membawa fitur inovatif anti-embun, anti-debu, anti-jamur dan antibakter. Kami sering sekali ditolak, dibohongi, diremehkan, dipermalukan bahkan diusir saat menawarkan produk kami,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button