Ekonomi

Sinergi dengan Pemda dan Pemprov, Bea Cukai Akan Bangun KIHT

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai bersinergi dengan pemerintah daerah (Pemda) dan pemerintah provinsi (Pemprov) dalam mengembangkan Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) yang direncanakan dibangun di Garut, Kebumen serta Jawa Timur. Kegiatan sinergi salah satunya dilakukan dengan cara studi tiru kepada KIHT yang telah lebih dulu dibangun oleh Kantor Bea Cukai lainnya.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah mengatakan, pembangunan KIHT yang menjadi bagian dari program pemulihan ekonomi nasional masih menjadi program andalan dari Bea Cukai. Lebih lanjut lagi, pembangunan KIHT di wilayah lain menjadi bukti nyata komitmen Bea Cukai bersama daerah pengawasannya untuk mengembangkan ekonomi daerah.

“Pembangunan KIHT yang sebelumnya direncanakan hanya berfokus pada Lingkungan Industri Kecil atau LIK menjadi cita-cita yang diemban Bea Cukai dalam mengembangkan potensi daerah. Setelah sejak tahun 2020 kami mulai membangun KIHT di beberapa wilayah, kali ini dilakukan studi tiru terhadap KIHT yang berjalan untuk dapat mengembangkan KIHT ke wilayah berpotensi lainnya,” kata dia, dalam keterangannya, Rabu (17/11).

Salah satunya dilakukan oleh Bea Cukai Tasikmalaya. Dengan melakukan studi tiru terhadap KIHT di wilayah Kudus, Bea Cukai Tasikmalaya berharap akan dapat membangun KIHT di wilayah Garut. Studi tiru yang berfokus pada pemaparan pembangunan KIHT, diskusi terbuka dan juga kunjungan langsung pabrik rokok di wilayah KIHT kian menambah wawasan Bea Cukai Tasikmalaya dalam membangun KIHT di Garut serta rasa optimis dalam membantu pengusaha kecil dan membangun lapangan kerja baru.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button