Ekonomi

KCIC Pastikan Konstruksi Kereta Cepat Tak Terpengaruh Pencurian Besi

INDOPOSCO.ID – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memastikan pelaksanaan konstruksi utama proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dalam kondisi aman dan tidak terpengaruh oleh kasus pencurian 118 ton besi proyek di Halim.

Corporate Secretary KCIC Mirza Soraya dalam pernyataan di Jakarta, Kamis, mengatakan besi-besi yang dicuri tersebut bukanlah bagian dari komponen konstruksi utama lintasan KCJB, melainkan besi untuk kebutuhan pendukung (temporary support).

“Konstruksi utama KCJB aman. Besi-besi yang dicuri adalah besi untuk keperluan temporary support seperti H-beam, scaffolding, dan sebagainya. Bukan besi tulangan yang dipakai pada konstruksi lintasan atau stasiun,” katanya, seperti dikutip Antara, Kamis (11/11/2021).

Baca Juga : KCIC Sebut Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bawa Teknologi Baru

Mirza menekankan saat ini pihaknya sudah meningkatkan keamanan di seluruh area tersebut, termasuk bekerja sama dengan pihak kepolisian dan tokoh masyarakat setempat serta menambah pos penjagaan serta memasang CCTV di lokasi rawan pencurian.

Selain itu, terdapat peningkatan kekuatan pagar pembatas agar tidak mudah dijebol, kemudian adanya peningkatan mobilisasi sumber daya untuk melakukan pengecekan dan pemeriksaan berkala terhadap material dan peralatan bantu, serta melakukan review dan monitoring secara lebih intens.

“Seluruh pihak proyek KCJB terus meningkatkan pengamanan yang maksimal atas aset- aset di proyek KCJB, terutama di titik rawan sehingga kejadian serupa tidak terulang. Kami juga bekerjasama dengan pihak kepolisian dan tokoh masyarakat setempat,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button