Ekonomi

Teten: Perlu Membangun Infrastruktur Logistik Terpadu Dongkrak Ekspor UKM

INDOPOSCO.ID – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop dan UKM) Teten Masduki menegaskan perlu adanya inovasi kebijakan untuk mendorong ekspor nasional. Di antaranya, membangun infrastruktur logistik terpadu di dekat klaster UKM.

Teten mencontohkan India yang memiliki 150 klaster UKM dan logistik di seluruh negara potensial ekspor. Hal itu diungkapkan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, pada acara Temu Bisnis UKM untuk mendorong UKM berdaya saing dan memperluas pasar ekspor, yang diselenggarakan Masyarakat Universitas Gadjah Mada, secara daring, Rabu (10/11/2021).

“Saat ini, ekspor UMKM sebesar 15,65 persen, masih jauh dibanding beberapa negara lainnya, seperti Singapura 41 persen, Thailand 29 persen, atau Tiongkok yang mencapai 60 persen. Target kontribusi ekspor UMKM meningkat menjadi 17 persen di 2024,” tegas Teten.

Langkah lainnya adalah pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) perempuan pelaku ekspor ditingkatkan. Teten merujuk Vietnam yang memberikan subsidi 50 – 100 persen biaya kursus/pelatihan kewirausahan bagi pengusaha perempuan.

“Termasuk mengoptimalkan kerja sama dagang luar negeri dengan negara tujuan ekspor terkait penurunan tarif dan kemudahan logistik,” tegas Menkop dan UKM.

Teten menyebutkan, program KemenKopUKM dalam mendorong UKM siap ekspor tahun ini, antara lain fasilitasi standardisasi internasional bagi UKM, sekolah ekspor, pelatihan UKM ekspor, pembiayaan ekspor, sistem informasi ekspor, dan pameran berskala internasional, hingga kerja sama peningkatan ekspor lainnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button