Ekonomi

Isu Industri 4.0 Jadi Fokus Utama Presidensi G20

INDOPOSCO.ID – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan isu industri 4.0 untuk pertama kalinya akan menjadi salah satu fokus utama dalam G20 yakni pada 2022 ketika Indonesia menjadi tuan rumah.

“Di bawah Presidensi Indonesia di G20 untuk pertama kalinya isu industri masuk menjadi salah satu isu utama,” ungkapnya di Jakarta, Rabu (10/11/2021), seperti dikutip dari Antara.

Isu itu akan masuk dalam pertemuan Trade Investment and Working Group(TIWG) G- 20 pada 2022 yang telah direncanakan terlebih dulu melalui pelaksanaan Regional Conference on Industrial Development(RCID) ke-2 pada 10 sampai 11 November 2021.

Tujuan penyelenggaraan RCID ke-2 adalah membuktikan upaya pemerintah dalam membina kerja sama di kawasan Asia Pasifik terkait implementasi industri 4. 0 bagi pembangunan industri inklusif dan berkelanjutan.

Perihal tersebut dilakukan melalui peningkatan partisipasi UKM pada Global Value Chains(GVC), penguatan SDM IKM, pelaksanaan ekonomi sirkular, dan optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button