Ekonomi

Konsep Pentahelix Dorong Akselerasi Kualitas SDM

INDOPOSCO.ID – Akselerasi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) memerlukan koordinasi dan sinergi menggunakan konsep pentahelix.

Konsep pentahelix memiliki unsur pemerintah, komunitas, akademisi, pengusaha dan media yang bersatu membangun kebersamaan dalam pembangunan.

“Dalam hal ini, pemerintah berupaya tidak hanya melakukan perbaikan di sistem vokasi tetapi juga mempermudah akses masyarakat terhadap pelatihan dengan menyelenggarakan Program Kartu Prakerja,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam Webinar Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Mulawarman, Minggu (24/10).

Melalui program ini, lanjutnya, pemerintah mendorong masyarakat bisa meningkatkan kompetensinya melalui jenis-jenis pelatihan yang tersedia dan memilih pelatihan yang diinginkan. Program Kartu Prakerja telah diberikan kepada 11,4 juta warga dengan total insentif lebih dari Rp22 triliun sejak pertama kali dibuka tahun 2020.

“Kartu Prakerja dirancang tidak hanya untuk skilling bagi angkatan kerja tetapi juga upskilling dan reskilling bagi angkatan kerja lama yang aktif bekerja. Program ini juga diharapkan dapat meredam lonjakan pengangguran dan berperan dalam meningkatkan keterampilan masyarakat yang menjadi wirausaha,” ujarnya, seperti dikutip dari Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button