Ekonomi

Expo 2020 Dubai, Indonesia Paparkan Kemajuan Ekonomi

INDOPOSCO.ID – Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar menguraikan perkembangan dalam upaya pemulihan ekonomi Indonesia dalam forum Expo 2020 Dubai di Uni Emirat Arab(UAE).

Disampaikan Wamenlu, nilai ekspor Indonesia tahun ini diperkirakan melewati 200 miliyar dolar AS (sekitar Rp2.825 triliun) atau bertambah 30 persen dibanding tahun 2020.

Angka tersebut akan menjadi nilai ekspor tertinggi Indonesia dalam 10 tahun terakhir, bahkan lebih tinggi dari nilai ekspor pada tahun 2019 sebelum pandemi.

“Ini bisa dicapai sebagian karena kenaikan harga komoditas internasional, dan sebagian lagi karena memang proporsi dari ekspor produk yang diolah bernilai tambah tinggi semakin besar di dalam struktur ekspor kita,” ucap Mahendra ketika menyampaikan keterangan pers secara virtual dari Dubai, Rabu malam.

Sementara di bidang investasi, Indonesia optimistis bisa mencapai target investasinya hingga akhir tahun nanti.

Mengacu pada kondisi tersebut, PDB Indonesia diperkirakan bisa tumbuh mencapai 4 persen tahun ini yang akan melewati PDB tahun 2019 sebelum pandemi.

Bagi Wamenlu Mahendra, ekonomi Indonesia bila diamati dari angka- angka tersebut telah membuktikan pembalikan kondisi ekonomi yang sempat terdampak akibat pandemi Covid-19.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button