Ekonomi

IMF Desak Pemerintah Buat Rencana Fiskal Untuk Menekan Utang Pandemi

INDOPOSCO.ID – Pemerintah harus mulai merencanakan kembali anggaran yang lebih berkelanjutan dengan kebijakan yang mendapat kepercayaan investor setelah stimulus fiskal yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk melawan pandemi Covid-19, Dana Moneter Internasional mengatakan Kamis (7/10/2021).

Tetapi setiap negara wajib menentukan waktu serta kecepatan konsolidasi fiskal yang tepat, tutur IMF dalam laporan pemantauan keuangannya.

Rencana fiskal dibutuhkan untuk mempertimbangkan tahap pandemi, kerentanan finansial yang ada, risiko krisis ekonomi, tekanan populasi yang meningkat, kebutuhan pembangunan, serta kesulitan historis dalam mengumpulkan pendapatan.

Sebuah bab monitor fiskal berjudul “Memperkuat Kredibilitas Keuangan Publik” mengatakan negara-negara bisa mengulur waktu serta membuat stabilisasi utang tidak terlalu menyakitkan dengan berkomitmen pada stabilitas fiskal dan kerangka keuangan jangka menengah yang kredibel.

“Pada saat pemberi pinjaman yakin kalau pemerintah bertanggung jawab secara finansial, pembiayaan defisit besar, serta perpanjangan utang menjadi lebih mudah,” tutur IMF seperti dikutip Antara, Jumat (8/10/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button