Ekonomi

OJK Dorong Industri Jasa Keuangan Optimalkan Digitalisasi

INDOPOSCO.ID – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong industri jasa keuangan di Indonesia mengoptimalkan digitalisasi guna memacu bisnis dan beradaptasi di kenormalan baru.

Namun, sektor keuangan diharapkan juga harus memaksimalkan keamanan siber di era serba digital sekarang ini untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

“Bagaimana keamanan siber ditingkatkan dan tentunya kami dari OJK terus mengamati dalam rangka terus menjaga keamanan siber ini,” kata Kepala OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten, Dhani Gunawan Idat, dalam webinar bertajuk ‘Keamanan Siber: Ancaman Potensial, Mitigasi Risiko dan Mekanisme Koordinasi Antar Lembaga’, Senin (27/9/2021).

Ia tak menampik masing-masing lembaga jasa keuangan termasuk perbankan yang berada di bawah pengawasan OJK sudah memiliki ketentuan secara internal, baik manajemen risiko, tata kelola, sumber daya manusia (SDM), maupun infrastruktur terkait keamanan siber.

Meski demikian, bukan berarti OJK melepas pengawasan begitu saja, melainkan tentunya OJK lebih ingin mengetahui bagaimana secara kolektif dari sisi OJK, industri jasa keuangan di Indonesia, kementerian terkait, dari sisi badan otoritas lain yang terkait dengan keamanan siber tentang bagaimana kesiapannya sehingga nantinya akan membentuk ketahanan nasional.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button