Ekonomi

Relaksasi PPnBM DTP Efektif Dongkrak Utilisasi Industri Otomotif Nasional

INDOPOSCO.ID – Program Relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) kendaraan bermotor yang diluncurkan pemerintah sejak Maret 2021 efektif mendongkrak utilisasi industri otomotif nasional yang tengah menurun selama pandemi Covid-19.

Program ini dinilai mampu meningkatkan volume penjualan mobil, penyerapan tenaga kerja lebih tinggi, peningkatan pendapatan rumah tangga dan pendapatan negara yang pada akhirnya membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional dari terpaan bencana nonalam pandemi Covid-19 saat ini.

Direktur Institute for Strategic Initiatives (ISI), Luky Djani mengatakan, industri otomotif merupakan sektor yang memiliki multiplier effect yang tinggi terhadap sektor-sektor yang terkait dengannya. Ke hulu, sektor otomotif telah meningkatkan demand atas output sektor seperti industri komponen mesin, ban, valve, filter dan lain sebagainya.

“Sementara, untuk ke hilir, produk otomotif telah berdampak terhadap sektor pembiayaan keuangan, alat transportasi dan lainnya,” ujar Luky pada webinar ‘Evaluasi Dampak Insentif PPnBM DTP Kendaraan Bermotor Terhadap Perekonomian Nasional’ yang digelar oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Kamis (19/8/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button