Ekonomi

Indef Sebut Rencana Kenaikan PPN Sembako Hanya Bebani Rakyat

INDOPOSCO.ID – Rencana pemerintah menaikkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) ditolak keras oleh Institute for Development of Economics and Finance (INDEF). Pasalnya, kebijakan itu dinilai hanya akan membebani masyarakat menengah ke bawah.

Pengamat Indef Nailul Huda mengatakan, rencana pemerintah menaikkan PPN terhadap sembilan kebutuhan pokok (Sembako), sama saja sedang mempertontonkan ketidakadilan. Mengingat, masyarakat saat ini masih banyak yang kesulitan untuk menyambung hidupnya. Ditambah, tidak sedikit yang kehilangan pendapatan akibat pemutusan hubungan kerja (PHK) karena pandemi.

“Pemerintah sedang mempertontonkan semacam ketidakadilan. Karena berbicara pajak bicara keadilan. Pengembangan pajak diberi pengampunan pajak, tapi di satu sisi masyarakat yang notabene membutuhkan sembako terutama kelas menengah ke bawah diberikan PPN,” katanya saat dihubungi, Kamis (10/6/2021).

Ia menegaskan, pemberlakukan PPN terhadap sembako merupakan kebijakan yang menyengsarakan rakyat. Pihaknya menilai, kebijakan itu akan berdampak panjang pada inflasi. Bahkan, diprediksi akan ada warga miskin baru.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button