Ekonomi

Kamboja Pasar Potensial Bagi Salak Asal Indonesia

INDOPOSCO.ID – Meskipun Kamboja merupakan negara agraris, namun masih mengimpor sayur dan buah dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Negara tetangga seperti Vietnam, Thailand, dan RRT merupakan pemasok utama sayuran dan buah untuk Kamboja.

Indonesia juga patut berbangga karena salak asal Indonesia masih menjadi primadona di Kamboja.

Menurut Duta Besar RI Phnom Penh, Sudirman Haseng dalam rilisnya yang diterima indoposco.id, Senin (8/2/2021), salak Indonesia merupakan salah satu komoditi yang dapat diterima secara luas dan menjadi salah satu alat diplomasi Indonesia di Kamboja.

“Diharapkan komoditi lainnya dapat segera menyusul popularitas salak dan tentu ke depannya dapat meningkatkan ekspor terutama untuk produk-produk pertanian dan perkebunan Indonesia,” tutur Sudirman.

Menurut Sudirman faktor konektivitas terutama melalui jalur udara pada masa pandemi merupakan salah satu kendala utama untuk mendorong ekspor produk perkebunan dan pertanian Indonesia. KBRI Phnom Penh terus berupaya melakukan pendekatan dengan berbagai maskapai, baik di Indonesia maupun Kamboja untuk membuka kargo khusus udara terutama untuk komoditi segar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button