• Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan
  • Sertifikat Dewan Pers
indoposco.id
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
Lihat Semua
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
Lihat Semua
indoposco.id
No Result
Lihat Semua
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
  • Koran
Home Ekonomi

“Rohana” dan “Rojali”: Tanda Kelas Menengah Mulai Hemat

Folber Siallagan Editor Folber Siallagan
Selasa, 28 Oktober 2025 - 23:10
in Ekonomi
baju

Ilustrasi - Suasana gerai fesyen di pusat perbelanjaan Jakarta. Kelas menengah kini cenderung menahan belanja non-pokok akibat tekanan harga dan daya beli yang menurun. Foto: Herry Rosadi / INDOPOSCO

Share on FacebookShare on Twitter

INDOPOSCO.ID – Gelombang baru hemat cermat tengah melanda masyarakat kelas menengah Indonesia. Dalam tiga bulan terakhir, kelompok yang selama ini jadi penggerak utama konsumsi nasional mulai “mengencangkan ikat pinggang” dan mengubah cara belanjanya.

Hal tersebut diungkapkan oleh peneliti Lembaga Survei KedaiKOPI, Ashma Nur Afifah dalam survei terbaru Lembaga Survei KedaiKOPI bertajuk “Perilaku Konsumsi & Daya Beli Masyarakat Kelas Menengah” yang dirilis pada ulang tahun ke-11 lembaga tersebut di Jakarta, Selasa (28/10/2025).

BacaJuga:

7 Tahun PHR: Refleksi Perjalanan dan Penguatan Peran Strategis Energi Nasional

Polytron Hadirkan Air Fryer Oven KitchenMate, Dapur Sehat di Tengah Gaya Hidup Modern

Pengalaman Tak Terduga Guru di Lombok Timur NTB Saat Membeli Mobil Daihatsu

Survei yang dilakukan pada 14–19 Oktober 2025 terhadap 932 responden itu menunjukkan bahwa pengeluaran rumah tangga kelas menengah meningkat dalam tiga bulan terakhir. Namun, peningkatan itu bukan karena konsumsi gaya hidup, melainkan kenaikan harga kebutuhan pokok.

“Satu kalimat yang menggambarkan perubahan paling mencolok dengan konsumsi kelas menengah adalah fokus ke kebutuhan pokok,” ujar Ashma.

Menurut Ashma, tiga dari lima responden mengaku pengeluarannya naik, membuat anggaran untuk makanan dan pendidikan melebar, sementara pos untuk fesyen, kuliner, dan rekreasi justru menyusut.

Tak hanya itu, tekanan harga pangan dan biaya transportasi membuat daya beli kelas menengah semakin ketat. “Harga pangan yang meningkat, terus transportasi ini berpengaruh ke perubahan perilaku sementara secara kapasitas bayarnya makin tidak stabil,” jelas Ashma.

Di sisi lain, masyarakat kini makin cermat. Sebanyak 94,5 persen responden rutin membandingkan harga antara toko offline dan online, terutama untuk produk fesyen dan kosmetik. E-commerce dan pasar tradisional pun menjadi pelarian baru dari tekanan harga.

“Tekanan dompet ini menjadi faktor utama, karena sejauh ini masyarakat ingin lebih murah jadi pasti membandingkan,” ujarnya.

Meski pusat perbelanjaan tetap ramai, suasananya berubah. Tiga dari lima responden mengakui jika dirinya sebagai “rohana” alias rombngan hanya nanya atau “rojali” alias rombongan jarang beli, dimana mereka jalan-jalan di mal hanya untuk melihat-lihat tanpa berbelanja.

“Pada akhirnya, mal berubah fungsi dari tempat purchasing (membeli) ke tempat untuk mencoba barang,” tambahnya. (her)

Tags: Ashma Nur Afifahkelas menengahLembaga Survei KedaiKOPIRohanaRojali
Berita Sebelumnya

Pangkas Lama Antrean, Komisi VIII Dukung Reformasi Kuota Haji

Berita Berikutnya

Perkuat Diplomasi Parlemen, BKSAP DPR RI Terima Kunjungan Dubes RI untuk Aljazair

Berita Terkait.

WhatsApp Image 2025-12-22 at 21.49.09
Ekonomi

7 Tahun PHR: Refleksi Perjalanan dan Penguatan Peran Strategis Energi Nasional

Selasa, 23 Desember 2025 - 07:16
IMG-20251222-WA0029
Ekonomi

Polytron Hadirkan Air Fryer Oven KitchenMate, Dapur Sehat di Tengah Gaya Hidup Modern

Selasa, 23 Desember 2025 - 05:21
WhatsApp Image 2025-12-22 at 21.57.25
Ekonomi

Pengalaman Tak Terduga Guru di Lombok Timur NTB Saat Membeli Mobil Daihatsu

Selasa, 23 Desember 2025 - 04:12
WhatsApp Image 2025-12-22 at 20.03.57
Ekonomi

Holding UMKM Expo 2025 Dibuka, Rantai Pasok Nasional Mulai Disatukan

Selasa, 23 Desember 2025 - 00:24
IMG-20251222-WA0030
Ekonomi

Kampanye Diskon ShopeeFood, Catatkan Pertumbuhan Merchant Lokal dan UMKM 3,5 Kali Lebih

Senin, 22 Desember 2025 - 22:13
IMG-20251222-WA0028
Ekonomi

Galeri 24 Hadirkan Inovasi Terbaru lewat Peluncuran G24 Black Series

Senin, 22 Desember 2025 - 21:48
Berita Berikutnya
DPRRI

Perkuat Diplomasi Parlemen, BKSAP DPR RI Terima Kunjungan Dubes RI untuk Aljazair

BERITA POPULER

  • persita

    Persita vs Persik: Momentum Bangkit Pendekar Cisadane, Energi Kandang, dan Kembalinya Hokky

    927 shares
    Share 371 Tweet 232
  • Kemendagri Nobatkan Kota Kediri sebagai Kota Sangat Inovatif

    1027 shares
    Share 411 Tweet 257
  • Rumor “Hubungan” Baekhyun EXO dengan Pendiri Perusahaan K-Pop Picu Reaksi Publik

    671 shares
    Share 268 Tweet 168
  • Disdukcapil Tangsel Serahkan Dokumen Kependudukan Difasilitasi IKI

    668 shares
    Share 267 Tweet 167
  • Komentar Lama Yoo Jae Suk Kembali Muncul saat Jo Se Ho dan Lee Yi Kyung Undurkan Diri

    727 shares
    Share 291 Tweet 182
  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan
  • Sertifikat Dewan Pers

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.

No Result
Lihat Semua
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.