• Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Koran
indoposco.id
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
View All Result
indoposco.id
No Result
View All Result
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
  • Koran
Home Ekonomi

Riyansa Fikri, Sosok di Balik Brand Zenitha: Hampir Bangkrut kini 10 Besar UMKM Shopee

Folber Siallagan by Folber Siallagan
Kamis, 23 Oktober 2025 - 21:33
in Ekonomi
shopeea

Riyansya Fikri, Bersama Tumpukan Produk Zanetha, yang akan dikirim Shopee

1.3k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

INDOPOSCO.ID – Siapa sangka, dari usaha yang nyaris gulung tikar, kini Riyansa Fikri berhasil membawa brand busana muslimah Zenitha menembus 10 besar kompetisi Jagoan UMKM Shopee. Perjalanan inspiratifnya menjadi bukti bahwa semangat dan inovasi bisa membawa pelaku UMKM “naik kelas”.

Riyansa Fikri bukan berasal dari dunia fashion. Ia dulunya adalah seorang engineer yang kemudian memutuskan banting setir ke dunia bisnis busana muslimah.

Pilihan yang tak mudah  sebab di awal perjalanan, usaha Zenitha sempat berada di titik terendah. “Saya pernah hampir menyerah. Produksi jalan, tapi penjualan lesu,” kisah Riyansa dalam wawancara dengan wanitaindonesia.co, Kamis 23/10/25, di Jakarta.

Namun perjuangan panjangnya berbuah hasil. Melalui kompetisi Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas, Ryansa mendapat kesempatan mengasah kemampuan bisnis, dari strategi pemasaran, pengemasan produk, hingga kecepatan logistik.

Dalam salah satu episode bertajuk Logistic Race, Ryansa mengaku tantangan pengemasan cepat menjadi pelajaran berharga. “Packing cepat tapi tetap rapi itu ternyata nggak gampang,” ujarnya sambil tertawa.

Produk Zenitha sendiri dikenal dengan busana muslimah bergaya modern namun tetap santun. Koleksinya menonjolkan warna lembut dan desain elegan, bahkan dalam salah satu tantangan bertema “Cinta Indonesia”, Zenitha menampilkan motif bernuansa rumah adat nusantara menggabungkan nilai lokal dan keindahan desain.

Program Shopee Jagoan UMKM menjadi panggung penting bagi Zenitha. Dari ribuan peserta, brand ini berhasil menembus 10 besar terbaik, bersanding dengan para pebisnis lokal dari berbagai daerah.

Pencapaian tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi Ryansa dan tim kecilnya. “Yang penting bukan cuma jualan, tapi bagaimana produk kita punya cerita dan nilai,” ungkapnya.

Kini, Zenitha terus berkembang dengan memanfaatkan platform digital seperti Shopee dan media sosial untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Ryansa berharap kisahnya bisa menginspirasi pelaku UMKM lain agar tak mudah menyerah.“Bisnis itu bukan soal cepat sukses, tapi soal konsisten belajar,” tutupnya penuh semangat. (ibs)

Tags: Brand ZenithaRiyansa FikriUMKM Shopee
Previous Post

Tinjau Banjir di Genuk, Wali Kota Semarang Optimalkan Pompa dan Dirikan Dapur Umum

Next Post

Resmi Dibuka, FLOII Expo 2025 Dorong Ekspor Industri Hortikultura

Related Posts

ojk
Ekonomi

OJK Dorong Perbankan Perluas Akses Keuangan Syariah bagi Masyarakat

Minggu, 9 November 2025 - 22:31
loket
Ekonomi

Daop 7 Madiun Mulai Layani Penjualan Tiket KA untuk Nataru

Minggu, 9 November 2025 - 22:18
its
Ekonomi

Daya Beli Masyarakat Menurun, ITS Soroti Dampaknya hingga ke Dunia Pendidikan

Minggu, 9 November 2025 - 21:20
kacang
Ekonomi

Sinergi Inovasi dan Tradisi, BRI Antarkan UMKM “Erildya Cemilan Family” Naik Kelas

Minggu, 9 November 2025 - 14:04
bri
Ekonomi

BRI Hadirkan Ratusan Pengusaha UMKM Binaan dalam Festival Kemudahan dan Pelindungan Usaha Mikro

Minggu, 9 November 2025 - 10:15
maman
Ekonomi

KOPLING 2025, Wadah Sinergi UMKM dan Musisi untuk Kembangkan Ekonomi Kreatif

Minggu, 9 November 2025 - 09:15
Next Post
pameran

Resmi Dibuka, FLOII Expo 2025 Dorong Ekspor Industri Hortikultura

BERITA POPULER

  • Hansip

    Gagalkan Aksi Curanmor di Cakung, Hansip Alami Luka Tembak di Perut

    700 shares
    Share 280 Tweet 175
  • Liverpool vs Real Madrid: The Reds Diuntungkan Statistik, Tapi…

    685 shares
    Share 274 Tweet 171
  • Persijap vs Malut United: Lini Belakang Bermasalah, Laskar Kalinyamat Harus Dispilin

    677 shares
    Share 271 Tweet 169
  • Hasil Liga Champions: Liverpool-Bayern Menang Tipis, Arsenal-Tottenham Berpesta

    673 shares
    Share 269 Tweet 168
  • Peserta TKA Siaran Langsung di Medsos, Kemendikdasmen: Sudah Ditindak Pengawas

    666 shares
    Share 266 Tweet 167
  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan
  • Sertifikat Dewan Pers

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.

No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.