• Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Koran
indoposco.id
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
Lihat Semua
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
Lihat Semua
indoposco.id
No Result
Lihat Semua
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
  • Koran
Home Nusantara

Mobile JKN Permudah Akses Layanan Kesehatan bagi Peserta

Laurens Dami Editor Laurens Dami
Rabu, 5 Juni 2024 - 22:07
in Nusantara
Pupung-Purnama

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Pupung Purnama. (Antara)

Share on FacebookShare on Twitter

INDOPOSCO.ID – Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Pupung Purnama menyebutkan bahwa aplikasi mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan salah satu terobosan baru mempermudah akses layanan peserta JKN untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Terobosan dan peningkatan layanan akan terus kami lakukan demi memberikan jaminan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara,” jelas Pupung di Sorong, seperti dilansir Antara, Rabu (5/6/2024).

BacaJuga:

Cegah PMI Ilegal, Anggota DPR Minta Kantor LTSA di NTB Diaktifkan

CCTV Dipasang di Jalur Rawan Gangguan untuk Pengamanan Nataru di Jabar

Polda Maluku Libatkan Ormas Islam dan Kristen Amankan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026

Selain Aplikasi Mobile JKN yang semakin terasa manfaatnya, peserta JKN juga dapat memanfaatkan kanal digital lain untuk mempermudah urusan terkait kepesertaan JKN, seperti pelayanan administrasi melalui Whatsapp (Pandawa) dan BPJS Kesehatan Care Center 165 yang dapat diakses selama 24 jam kapan saja dan di mana saja.

Menurut dia, kanal layanan daring seperti aplikasi mobile JKN serta Pandawa merupakan portal self-service yang memungkinkan peserta untuk mengakses informasi dan layanan kesehatan secara mandiri.

“Sementara layanan BPJS Kesehatan Care Center 165 hadir sebagai sarana komunikasi langsung bagi peserta untuk mendapatkan bantuan dan informasi lebih lanjut tentang BPJS Kesehatan,” ujar dia.

Pupung berharap, semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan kanal-kanal digital yang dihadirkan BPJS Kesehatan, tentunya akan semakin banyak juga peserta yang dapat merasakan kemudahannya. Selain itu, kolaborasi dan sinergi juga akan terus diperkuat demi optimalisasi sistem digitalisasi layanan yang semakin baik dan maju.

Agoes, peserta JKN segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) yang tinggal di Kelurahan Kampung Baru Kota Sorong ini mengaku, kehadiran Aplikasi Mobile JKN sangat membantu dirinya dalam menjalani aktivitas sehari hari.

Agoes menceritakan, sudah sejak tahun 2022 dirinya telah diagnosa dokter mengalami gangguan kesehatan pada jantungnya. Kondisi ini mengharuskan Agoes untuk menjalani pemeriksaan rutin sehingga masuk dalam Program Rujuk Balik (PRB) BPJS Kesehatan.

Selama menjalani proses pemeriksaan, Agoes selalu menggunakan Aplikasi Mobile JKN. Dengan jarak tempat tinggal dan rumah sakit serta kantor BPJS Kesehatan yang lumayan jauh membuat dirinya agak kesulitan jika harus bolak balik untuk mengurus administrasi.

Adanya Aplikasi Mobile JKN membuat Agoes sangat terbantu karena semuanya dapat diakses melalui handphone dari mana saja dan kapan saja dibutuhkan.

“Awalnya di dokter saya terdaftar, hanya ada dokter umum, sehingga saya diberikan rujukan ke dokter spesialis yang ada di rumah sakit. Jaraknya cukup jauh dari tempat tinggal saya, sehingga pada saat awal saya berobat, petugas rumah sakit mengarahkan saya untuk menggunakan Aplikasi Mobile JKN untuk pengambilan nomor antrean online agar tidak terlalu lama menunggu. Saya awalnya ragu dengan penggunaan aplikasi ini, tetapi setelah dijelaskan oleh petugas, saya menyadari manfaatnya. Sekarang, saya selalu menggunakannya untuk mengambil nomor antrean ketika berobat,” cerita Agoes.

Fitur ini membuat dirinya lebih nyaman dalam mengatur jadwal berobat. Dia tidak perlu kehilangan waktu atau bahkan sampai kelelahan jika harus mengantre sejak dini hari.

“Sebelumnya, saya harus datang pagi-pagi ke rumah sakit untuk mengantre. Waktu praktik dokter kan pasti pada hari kerja sehingga waktu kerja saya selalu terpotong jika harus datang lebih awal. Tapi sejak menggunakan antrean daring pada aplikasi ini, saya sudah bisa daftar dari hari sebelumnya untuk datang besok pada saat sudah giliran saya. Ini sangat menghemat waktu dan tenaga saya apalagi saya sakit jantung,” kata Agoes.

Agoes menambahkan, selain antrean daring dirinya juga sangat tertarik dengan beberapa kanal lainnya, seperti fitur ketersediaan tempat tidur, informasi tanya jawab seputar JKN, lokasi ketersediaan fasilitas kesehatan dan berbagai fitur lainnya. Bagi Agoes, Aplikasi Mobile JKN telah membuat dirinya yang jauh menjadi terasa dekat dan cepat untuk mendapatkan layanan.

“Semua dapat saya lakukan dengan begitu mudah. Saya juga dapat melakukan perubahan maupun update identitas saya bahkan dengan seluruh keluarga saya. Bukan hanya aplikasinya, namun pelayanan kesehatan yang saya terima sebagai peserta JKN juga sangat baik. Semuanya juga gratis tanpa biaya,” tambah Agoes. (dam)

Tags: Aplikasi JKNKepala BPJS Kesehatan Cabang Sorongpelayanan kesehatanPupung Purnama
Berita Sebelumnya

Alex Retraubun Gagas Ekonomi Kerakyatan Lewat Rumput Laut

Berita Berikutnya

Ukraina Klaim Berhasil Jatuhkan 22 Drone Milik Rusia

Berita Terkait.

1000915641
Nusantara

Cegah PMI Ilegal, Anggota DPR Minta Kantor LTSA di NTB Diaktifkan

Jumat, 21 November 2025 - 05:01
IMG_20251120_194327
Nusantara

CCTV Dipasang di Jalur Rawan Gangguan untuk Pengamanan Nataru di Jabar

Jumat, 21 November 2025 - 03:13
6318449f-be59-4e06-8c8a-bcd2ce67e2ed
Nusantara

Polda Maluku Libatkan Ormas Islam dan Kristen Amankan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026

Jumat, 21 November 2025 - 02:10
IMG-20250915-WA0014
Nusantara

Korban TPPO Asal Aceh di Myanmar Berhasil Kembali ke Tanah Air

Jumat, 21 November 2025 - 00:15
1000416658
Nusantara

Mendes Yandri Luncurkan Hari Desa 2026 dan Kick Off Liga Desa di Semarang

Kamis, 20 November 2025 - 20:18
andrasoni3
Nusantara

Jadi Model Rujukan Nasional: Relawan Kesehatan Apresiasi Dampak Besar Program Bang Andra

Kamis, 20 November 2025 - 12:27
Berita Berikutnya
Langit-Kyiv

Ukraina Klaim Berhasil Jatuhkan 22 Drone Milik Rusia

BERITA POPULER

  • WhatsApp Image 2025-11-16 at 18.44.180

    Terpuruk di Liga, Persis Solo Diam-Diam Siapkan Sesuatu yang Mengejutkan

    951 shares
    Share 380 Tweet 238
  • Survei: 76,2 Persen Masyarakat Percaya terhadap Polri

    4083 shares
    Share 1633 Tweet 1021
  • BPN Kabupaten Lebak Berhasil Lampaui Target Penyelesaian PTSL 2025

    796 shares
    Share 318 Tweet 199
  • Main Game Lebih Praktis dan Mudah: Begini Cara Manfaatkan Gemini AI di Galaxy Z Fold7

    756 shares
    Share 302 Tweet 189
  • Penipuan Online Melonjak, AMKI Tegaskan Peran Media dalam Mengawal Keamanan Transaksi

    660 shares
    Share 264 Tweet 165
  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan
  • Sertifikat Dewan Pers

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.

No Result
Lihat Semua
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.