• Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Koran
indoposco.id
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
Lihat Semua
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
Lihat Semua
indoposco.id
No Result
Lihat Semua
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
  • Koran
Home Nasional

Menteri ATR/BPN Tekankan Jajarannya agar Beri Pelayanan yang Responsif

Laurens Dami Editor Laurens Dami
Minggu, 2 Juni 2024 - 17:07
in Nasional
ahy

Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan sertifikat hasil konsolidasi tanah di Pekanbaru, Riau, Jumat (31/5/2024). (Antara)

Share on FacebookShare on Twitter

INDOPOSCO.ID – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menekankan kepada seluruh jajarannya di Indonesia agar memberikan pelayanan yang responsif.

“Birokrasi yang kita bangun harus semakin responsif, melayani, dan profesional,” kata AHY dalam keterangan di Jakarta, seperti dilansir Antara, Minggu (2/6/2024).

BacaJuga:

Luncurkan 6 Modul Strategi Penguatan Program MBG di Satuan Pendidikan, Begini Penjelasan Kemendikdasmen

Permintaan Welder Global Tinggi, Pemerintah Siapkan 200 Tenaga Kerja Bersertifikasi untuk Eropa

Menag: Indonesia Harus jadi Produsen Gagasan Islam Global

Menurut Menteri ATR, salah satu penanda utama kualitas layanan adalah kepuasan masyarakat atas pelayanan yang prima, cepat, akuntabel, transparan, ekonomis, bahkan ada yang bebas biaya.

“Salah satu indikator yang paling utama apakah masyarakat merasa puas atau tidak adalah dilayani dengan baik, kemudian cepat, akuntabel, transparan, murah, bahkan beberapa layanan bisa bebas biaya begitu,” ucapnya.

Dia mengungkapkan implementasi layanan elektronik dinilai dapat mewujudkan layanan yang prima kepada masyarakat, pasalnya tersebut akan mempercepat proses yang selama ini dianggap cukup berbelit-belit.

“Dan ini semuanya memang akan mempercepat proses-proses yang memang selama ini cukup berbelit-belit,” ungkap AHY.

Transformasi digital juga sangat penting, sebab sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo saat meluncurkan GovTech Indonesia (Portal INA Digital) dan SPBE Summit 2024.

Menteri ATR menambahkan, kehadiran birokrasi harus melayani, bukan mempersulit dan bukan malah memperlambat, sehingga seharusnya yang menjadi tolok ukur adalah kepuasan, manfaat yang diterima hingga kemudahan urusan masyarakat.

“Nantinya semua layanan publik terintegrasi termasuk layanan elektronik, dengan ini akan membypass banyak sekali hal, termasuk tahapan administratif yang selama ini melelahkan. Mari kita sukseskan bersama semangat transformasi digital secara menyeluruh,” imbuh Menteri ATR.

Sebelumnya, AHY berkomitmen melayani instansi, lembaga, BUMN, hingga masyarakat tanpa memandang profil ataupun latar belakang untuk memberikan kepastian hukum atas kepemilikan tanah yang sah.

“Tugas dari Kementerian ATR/BPN ini adalah untuk melayani masyarakat dari mana dia berada, tidak memandang latar belakang profesinya, tidak memandang latar belakang instansinya,” kata AHY di sela penyerahan dua sertifikat hak pengelolaan (HPL) kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) di Jakarta, Kamis (30/5).

Menteri ATR mengatakan bahwa pemberian layanan kepada masyarakat dengan tidak memandang latar belakang seseorang, lembaga, maupun instansi sebagai wujud memberikan keadilan dan kesejahteraan kepada seluruh masyarakat di Tanah Air.

“Kami ingin menghadirkan keadilan dan kesejahteraan untuk semua,” tegas Menteri ATR.

Berbagai upaya, terobosan yang dilakukan Kementerian ATR/BPN, bagi AHY sebagai komitmen untuk memberantas kejahatan pertanahan yang dilakukan oleh para mafia tanah sehingga membawa kebaikan dan kemajuan terutama di bidang ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. (dam)

Tags: Agus Harimurti YudhoyonoAHYMenteri ATR/BPNPelayanan yang Responsif
Berita Sebelumnya

Upacara Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan, Momentum Kebangkitan Hulu Migas

Berita Berikutnya

Bangladesh Minta Upaya Bersama PBB untuk Selesaikan Krisis Rohingya

Berita Terkait.

WhatsApp Image 2025-11-26 at 17.33.16
Nasional

Luncurkan 6 Modul Strategi Penguatan Program MBG di Satuan Pendidikan, Begini Penjelasan Kemendikdasmen

Rabu, 26 November 2025 - 17:45
WhatsApp Image 2025-11-26 at 15.48.06
Nasional

Permintaan Welder Global Tinggi, Pemerintah Siapkan 200 Tenaga Kerja Bersertifikasi untuk Eropa

Rabu, 26 November 2025 - 15:51
WhatsApp Image 2025-11-26 at 15.13.53
Nasional

Menag: Indonesia Harus jadi Produsen Gagasan Islam Global

Rabu, 26 November 2025 - 15:44
WhatsApp Image 2025-11-26 at 15.04.34
Nasional

Menkop Dorong Swasta dan BUMN jadi “Kakak Asuh” Kopdes Merah Putih

Rabu, 26 November 2025 - 15:29
WhatsApp Image 2025-11-26 at 14.44.46
Nasional

DPR Tegaskan Tak Boleh Ada Penolakan Pasien, Imbas Meninggalnya Ibu dan Bayi Ditolak 4 Rumah Sakit

Rabu, 26 November 2025 - 14:47
WhatsApp Image 2025-11-26 at 14.01.10
Nasional

Kepala BGN Dinilai Pro Asing Terkait Jelantah MBG, SAS Institute Sebut ada Potensi Kerugian Negara Rp620 Miliar

Rabu, 26 November 2025 - 14:26
Berita Berikutnya
bangladesh

Bangladesh Minta Upaya Bersama PBB untuk Selesaikan Krisis Rohingya

BERITA POPULER

  • dedi

    Dedi Mulyadi: Siswa Masuk Barak Militer Bukan Latihan Perang, Bantu Kesehatan Mental

    731 shares
    Share 292 Tweet 183
  • From Villages to Schools: Wilmar Ensures Clean Water for Future Generations

    684 shares
    Share 274 Tweet 171
  • Dari Desa ke Sekolah: Wilmar Pastikan Air Bersih untuk Generasi Masa Depan

    667 shares
    Share 267 Tweet 167
  • Survei: 76,2 Persen Masyarakat Percaya terhadap Polri

    4119 shares
    Share 1648 Tweet 1030
  • Terpuruk di Liga, Persis Solo Diam-Diam Siapkan Sesuatu yang Mengejutkan

    991 shares
    Share 396 Tweet 248
  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan
  • Sertifikat Dewan Pers

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.

No Result
Lihat Semua
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.