INDOPOSCO.ID – Permintaan oksigen untuk merawat pasien Covid-19 di Jawa Timur (Jatim), mengalami lonjakan pada bulan Juli. Hal itu seiring dibukanya layanan pengisian oksigen gratis yang digagas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim.
Ditambah, persyaratan mendapatkan oksigen sangat mudah. Cukup menelpon layanan Call Center 1500117 yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Jatim.
Kasi Statistik Bidang Pengelolaan Data dan Statistik Dinas kominfo Prov Jatim, I Wayan Rudy Artha mengatakan, terjadi lonjakan yang signifikan pada penelepon call center 1500117 sejak diluncurkannya program layanan isi ulang oksigen gratis.
Sebelum adanya program isi ulang oksigen gratis, bulan Mei 2021 ada 73 penelepon. Kemudian di Juni ada 326 penelepon. Sementara bulan Juli jumlah penelepon melonjak drastis menjadi 1634.
“Total jumlah penelepon yang menghubungi call center 1500117 mulai 17 Maret 2021 sampai dengan 30 Juli 2021 pukul 10.00 WIB ada 5779 penelepon,” katanya, Minggu (1/8/2021).
Menurutnya, persyaratan bagi masyarakat yang membutuhkan pengisian oksigen bisa melalui laman infocovid19.jatimprov.go.id, atau menghubungi call center 1500117. Sehingga, masyarakat merasa mudah dalam mecari oksigen.
Selain telepon tentang isi ulang oksigen gratis, penelepon juga menanyakan berbagai hal seputar Covid-19. Berdasarkan data hingga 30 Juli, penelepon yang menanyakan info RS sebanyak 579, info tentang Corona 253, info tentang tes Corona 505, masukan 15, Konsultasi 1789.
Kemudian, info sebaran corona 117, keluhan teknis call center 1, Info Radar Bansos 241, info Pemulasaran 207, permohonan info penyemprotan 20, permohonan info APD 38, permohonan info PSBB 274, info biaya 87, info syarat perjalanan 225, dan permohonan info lainnya ada 1428.
“Dari 5.779 penelepon yang masuk call center, yang sudah selesai ditindaklanjuti ada 5768, sementara sisanya ada 11 masih dalam tahap proses pemberian jawaban,” pungkasnya. (son)








