• Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Koran
indoposco.id
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
View All Result
indoposco.id
No Result
View All Result
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
  • Koran
Home Ekonomi

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Bea Cukai Survei Kepuasan Masyarakat

Redaksi by Redaksi
Selasa, 6 April 2021 - 18:37
in Ekonomi
Gedung Bea Cukai.

Gedung Bea Cukai.

1.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai secara kontinyu berupaya meningkatkan kualitas pelayanan yang salah satu indikatornya diukur melalui pelaksanaan survei. Di tahun 2020, telah dilaksanakan beberapa survei antara lain survei terkait kepuasan masyakarat yaitu survei kepuasan pengguna jasa (SKPJ) dan survei kepuasan pengguna layanan (SKPL), serta satu survei terkait intergritas yaitu survei penilaian integritas (SPI).

Direktur Kepatuhan Internal Bea Cukai, Agus Hermawan, menyatakan “secara ringkas, hasil dari survei tersebut di atas menunjukkan bahwa responden Bea Cukai memiliki tingkat kepuasan yang tinggi atas layanan yang telah diterima, sebagaimana hasil SKPJ dengan indeks 4,51 (skala 5) dan indeks SKPL sebesar 4,62 (skala 5). Selain itu, hasil SPI Tahun 2020 menunjukkan Indeks Integritas SPI sebesar 86,02 yang artinya Bea Cukai termasuk dalam kategori organisasi dengan risiko rendah.”

Survei kepuasan pengguna jasa dilakukan secara mandiri oleh Direktorat Kepatuhan Internal terhadap unit kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Unit kerja yang dilakukan survei yaitu 3 direktorat di lingkungan Kantor Pusat Bea Cukai, 20 Kantor Wilayah, 3 Kantor Pelayanan Utama, 104 Kantor Pengawasan dan Pelayanan, dan 3 Balai Laboratorium Bea dan Cukai. Secara keseluruhan, indeks Survei Kepuasan Pengguna Jasa Direktorat Jenderal Bea Cukai tahun 2020 yaitu sebesar 4,51, meningkat 0,3 dari tahun sebelumnya sebesar 4,21. Survei tersebut diikuti oleh responden sebanyak 3.644 orang.

Pada tahun 2020, kerja sama survei SKPL Kementerian Keuangan dilakukan dengan Universitas Padjadjaran. Sebagai unit kerja di Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja pelayanan publik sebagai upaya untuk mengubah budaya organisasi yang berorientasi pelayanan.

Pada 2020, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menunjukkan prestasi kinerja yang sangat baik dalam peranannya sebagai penyedia dan pelayan publik, dengan capaian IKPL DJBC 2020 sebesar 4,62. Survei tersebut dilakukan terhadap empat layanan DJBC, yaitu: Pelayanan dokumen impor (BC 2.0); Pelayanan dokumen impor untuk di masukkan ke kawasan berikat (BC 2.3); Pelayanan dokumen ekspor (BC 3.0), dan; Pelayanan pemesanan pita cukai hasil tembakau secara elektronik (CK-1) Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya dan dengan mempertimbangkan luasnya wilayah Indonesia, SKPL dilaksanakan dengan memilih 6 kota yang dapat merepresentasikan sebaran responden yang menjadi pengguna layanan Kemenkeu, yakni Ambon, Balikpapan, Jakarta, Medan, Makasar dan Surabaya.

Survei Penilaian Integritas Survei Penilaian Integritas (SPI) merupakan perangkat diagnostik yang dikembangkan oleh KPK bekerja sama dengan BPS sebagai alat ukur yang obyektif untuk memetakan capaian upaya pemberantasan korupsi dan kemajuan upaya pencegahan korupsi yang dilakukan oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah (KLPD).

Sejak 2017, KPK memberikan kepercayaan kepada Kemenkeu d.h.i. Inspektorat Jenderal (Itjen) untuk melaksanakan SPI secara mandiri dengan menggunakan metodologi SPI yang diadopsi dari Integrity Assessment KPK tahun 2016. Hasil SPI Tahun 2020 menunjukkan Indeks Integritas SPI sebesar 86,02 (Internal 87,62 dan eksternal 84,43) yang termasuk dalam kategori Organisasi dengan Risiko Rendah. Hasil ini di atas rata-rata penilaian KPK pada 12 K/L/P/D sebesar 82,6. (ipo)

Tags: Bea Cukaiditjen bea cukai
Previous Post

Jaga Perbatasan Indonesia, Bea Cukai Gandeng Instansi Lainnya

Next Post

Tunjukkan Kinerja Baik di Masa Pandemi, Dua Kantor Bea Cukai Terima Penghargaan

Related Posts

swissbell
Ekonomi

Swiss-Belresidences Kalibata Jakarta Perkuat Komitmen terhadap Kesehatan Lewat Gathering

Senin, 10 November 2025 - 23:43
telkomsel
Ekonomi

Telkomsel Hadirkan Pengalaman Digital di Booth SIMPATI 5G Experience di M Bloc Space

Senin, 10 November 2025 - 22:12
beras
Ekonomi

Produksi Beras 2025 Pecahkan Rekor, Indonesia Mantap Tanpa Impor

Senin, 10 November 2025 - 21:11
telkom
Ekonomi

Telkom Catat Rebound Kuat di Bisnis Seluler, Laba Diproyeksi Tembus Rp20,88 Triliun pada 2025

Senin, 10 November 2025 - 20:12
WhatsApp Image 2025-11-10 at 18.48.51
Ekonomi

70 Persen PMI Konsumtif, Mukhtarudin Ingatkan Bahaya ‘Gagah-gagahan’ di Perantauan

Senin, 10 November 2025 - 18:54
WhatsApp Image 2025-11-10 at 17.15.26
Ekonomi

10 Tahun Kemenkeu Mengajar, Mewujudkan Literasi Keuangan dan Semangat Kebangsaan

Senin, 10 November 2025 - 17:38
Next Post
Tunjukkan Kinerja Baik di Masa Pandemi, Dua Kantor Bea Cukai Terima Penghargaan

Tunjukkan Kinerja Baik di Masa Pandemi, Dua Kantor Bea Cukai Terima Penghargaan

BERITA POPULER

  • jecoo

    Antusiasme Melonjak, JAECOO Serahkan Unit Perdana SUV Listrik J5 EV ke Konsumen di Seluruh Indonesia

    716 shares
    Share 286 Tweet 179
  • Gagalkan Aksi Curanmor di Cakung, Hansip Alami Luka Tembak di Perut

    705 shares
    Share 282 Tweet 176
  • Hasil Liga Champions: Liverpool-Bayern Menang Tipis, Arsenal-Tottenham Berpesta

    675 shares
    Share 270 Tweet 169
  • PGN Raih Penghargaan Subroto 2025, Dukung Ketahanan dan Swasembada Energi Nasional

    668 shares
    Share 267 Tweet 167
  • Hansip yang Gagalkan Curanmor di Cakung Meninggal Dunia Usai Tertembak

    662 shares
    Share 265 Tweet 166
  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan
  • Sertifikat Dewan Pers

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.

No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.