Nasional

Yuk Generasi Muda Masifkan Agrososiopreuner!

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong peranan generasi muda dalam menumbuhkembangkan wirausahawan baru 2021 secara masif dan berkelanjutan. Ini penting dilakukan mengingat pertanian adalah sektor strategis yang memiliki potensi besar terhadap perbaikan ekonomi nasional. Hal itu disampaikan Plt Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang, Jawa Timur (Jatim) Bambang Sudarmanto dalam Webminar Aksara, Sabtu (27/2/2021).

“Setiap tahun Indonesia mengalami penyusutan petani hingga 500 ribu. Ini harus kita sikapi, karena kalau bukan kita siapa lagi. Makanya kita harus menumbuhkembangkan semangat agrososiopreuner untuk masa depan pertanian kita yang lebih baik,” ujarnya.

Menurut Bambang, sektor pertanian merupakan sektor strategia yang memiliki dampak positif terhadap kemajuan ekonomi di tengah krisis global akibat Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. Berdasarkan catatan BPS, pertanian tumbuh 2,59 persen dengan nilai ekpor 15 persen.

“Kita berharap teman-teman menciptakan lapangan kerja bukan menciptakan pekerja. Apalagi sektor pertanian di masa pandemi ini yang paling tumbuh positif adalah sektor pertanian,” tandasnya.

Duta Petani Indonesia 2018 Nur Agis Aulia meminta generasi muda untuk memupuk mental yang kuat serta mendalami kemampuan Agropreuneur dengan membuka akses jejaring secara luas. Selain itu, anak muda juga dituntut untuk fokus terhadap usaha pertanian dan peternakan dengan tekun dan penuh percaya diri.

“Saya memulai usaha dengan penuh susah payah. Tidak ada yang instan. Semua harus berkeringat jika ingin menuai hasil yang maksimal. Maka itu mental dan semangat kita harus dijaga setiap hari,” katanya.

Nur Agis merupakan generasi muda yang kini sukses membangun usaha tani dibawah naungan Jawara Farm. Usahanya perlahan tapi pasti mulai menunjukan perkembangan signifikan, dimana saat ini sudah memiliki cabang di 20 kita dan kabupaten. Adapun bidang usaha yang digeluti Nur Agis adalah pertanian dan peternakan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button