Gaya Hidup

Yayasan Goodwill International Berikan Pelatihan Leadership pada Penerima Program Beasiswa

INDOPOSCO.ID – Yayasan Goodwill International membuka masa orientasi Leadership Development Scholarship Program pada hari Sabtu (7/8/2021). Sebanyak 66 orang mahasiswa dan mahasiswi dari kampus Universitas Indonesia dan Universitas Pertanian Bogor (IPB University) dari berbagai kota di Indonesia ditargetkan menjadi penerima manfaat.

Program multitahun ini tidak hanya memberikan bantuan keuangan untuk biaya hidup dan kebutuhan belajar di kampus, namun juga memberikan serangkaian pelatihan, pendampingan dan menambah pengetahuan dan masukan bagi para peneriman beasiswa.

Tujuan diberikannya beasiswa ini antara lain untuk meningkatkan prospek hidup mereka, memberdayakan diri mereka untuk bisa memaksimalkan potensi, mendapatkan pelatihan kepemimpinan terbaik, membekali para mahasiswa dengan nilai-nilai dan etika pribadi & bisnis, serta membantu menemukan pekerjaan yang baik atau kegiatan yang bermanfaat setelah lulus. Dalam masa Scholarship tersebut, mereka diberikan pelatihan bulanan berupa berbagai materi dari para professional dan alumni Goodwill sesuai topik materialnya.

“Tidak hanya itu, mereka juga akan mendapatkan Leadership Training Program berupa 60 jam kelas per-tahun dengan topik beragam,” ujar Chairman Goodwill International, Nanang Siswanto. Topik-topik tersebut antara lain public speaking, CV writing, leadership style, business English, marketing, team building, serta mentoring dari beberapa alumni yang sudah berkecimpung di berbagai sektor dan keahlian.

Sebelum pandemi, pelatihan biasa dilakukan di kampus UI Depok, namun dengan kondisi sekarang pelatihan tetap dilaksanakan dengan metode daring. Yayasan Goodwill International mengklaim bahwa program yang dihadirkan sejak tahun 1999 ini berbeda dari yang lain. Mengingat program yang dilakukan adalah menyelaraskan bakat untuk memperkecil gap antara lulusan universitas dengan kebutuhan pasar.

Yayasan amal ini membantu calon pemimpin masa depan yang memasuki tahun kedua studi mereka dari Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Pertanian Bogor (IPB). Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa adalah ; direkomendasikan oleh universitas, membutuhkan dukungan keuangan, berprestasi dalam akademi, mempunyai kualitas dan berpotensi dalam kepemimpinan, serta aktif paruh waktu dalam pengabdian dan pekerjaan masyarakat.

Yayasan Goodwill International

Sejak tahun 1999, Yayasan Goodwill International telah memberikan Leadership Development Scholarship Program kepada lebih dari 1100 mahasiswa/i berprestasi yang membutuhkan sponsor untuk melanjutkan studinya. Menurut data yang dihimpun oleh Yayasan Goodwill International, banyak mahasiswa/i segera mengaplikasikan keterampilan yang mereka pelajari selama studinya dan mampu memenangkan lomba dalam Universitas maupun tingkat nasional.

“Banyak penerima Leadership Development Scholarship yang berkesempatan untuk studi singkat ke Singapura, Australia, Amerika Serikat serta melanjutkan studinya ke Jepang serta negara-negara lain di Eropa. Banyak juga yang sudah menjadi pemimpin di berbagai bidang usaha, wirausahawan, pemimpin Lembaga public serta menjadi peneliti. Merupakan kebanggaan bagi kami untuk terus mendukung masa depan calon pemuda harapan bangsa,” papar Nanang.

Pencapaian tersebut sangat menggembirakan mengingat kondisi ekonomi yang dimiliki. Hal ini memberikan pembuktian bahwa pelatihan kepemimpinan merupakan faktor besar dalam tingkat keberhasilan mahasiswa/i.

“Semoga kami bisa memperluas jumlah sasaran, serta membawa lebih banyak donor agar dapat berkontribusi dalam membangun Indonesia tercinta dan melahirkan calon-calon pemimpin masa mendatang,” tutupnya. (srv)

Sponsored Content
Back to top button