Olahraga

Wow Alumnus DBL Jadi Rookie of The Year IBL 2021

INDOPOSCO.ID – Hasil dari kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia, Developmental Basketball League (DBL) semakin tahun kian terlihat di kompetisi profesional. Musim ini peraih Rookie of the Year IBL 2021 adalah ”alumnus” DBL. Ia adalah Samuel Devin Susanto dari KAI Bima Perkasa Jogja.

IBL memang telah mengumumkan gelar individu untuk musim 2021. Ada tujuh kategori penghargaan yang diberikan. Nah, Devin terpilih sebagai Rookie of the Year IBL 2021 dengan suara mutlak. Devin mendapatkan dukungan 20 suara juri untuk peringkat pertama yang bernilai 10 poin. Total yang dikumpulkan Devin 239 poin.

Devin menyingkirkan empat pesaingnya, yakni Patrick Nikolas (West Bandits Solo), Joseph Desmet (Bali United Basketball), Rio Disi (West Bandits Solo), dan Rico Aditya (Bali United Basketball). Penampilan Devin jadi sorotan khususnya di seri ketiga dan empat. Pemain berusia 23 tahun itu mencetak rata-rata 9,8 poin, 3,6 rebound, dan 1,4 assist per game.

Devin pernah berlaga di kompetisi DBL ketika masih berstatus pelajar SMA Regina Pacis, Solo. Pemain itu sebenarnya punya saudara kembar. Biasa dipanggil Devan. Penampilan Devin memang lebih moncer daripada Devan. Saat mengikuti kompetisi DBL itu, Devin pernah dua kali berkesempatan belajar basket ke luar negeri.

Pertama, ketika ia terpilih sebagai skuad DBL Selection 2014. Setahun kemudian, ia kembali terpilih masuk DBL Camp dan malah mendapat kesempatan menjadi anggota skuad DBL All Star 2015. Ia pun berkesempatan menimba ilmu basket ke Amerika Serikat. Nama Devin masuk dua kategori nominasi penghargaan individu sekaligus, yaitu Rookie of the Year (ROTY) dan Sixth Man of the Year.

Di luar Davin, yang menarik dari pengumuman gelar individu IBL 2021 itu adalah munculnya nama Jamarr Andre Johnson. Pemain Louvre Dewa United Surabaya tersebut berhasil meraih dua penghargaan sekaligus. Jamarr memenangkan gelar Pemain Terbaik (MVP) dan Pemain Bertahan Terbaik alias Defensive Player of the Year (DPOY). Di dua nominasi tersebut, Jamarr mengumpulkan total 170 poin peringkat pertama dari total 270 poin maksimal (jika semua pemilih menempatkan Jamarr sebagai pilihan pertama).

Jamarr jadi pemain pertama dalam sejarah IBL yang mampu membawa pulang gelar MVP dan DPOY di musim yang sama (data sejak IBL 2015/2016). Itu bukan kali pertama Jamarr membawa dua gelar individu dalam satu musim. Di musim 2015/2016, saat masih membela CLS Knights Surabaya (IBL Reborn), Jamarr juga menutup musim reguler dengan gelar MVP dan rookie terbaik (ROTY). Di musim itu pula, Jamarr membawa CLS Knights juara. (gunawan sutanto/aro)

Berikut peraih gelar individu IBL2021;

Rookie of the Year IBL 2021: Samuel Devin Susanto – KAI Bima Perkasa Jogja
Sixth Man of the Year IBL 2021 : Andre Adrianno – West Bandits Solo
Most Improved Player IBL 2021 : Kevin Moses Eliazer Poetiray – Louvre Dewa United Surabaya
Most Inspiring Young Player IBL 2021 : Yudha Saputera – Indonesia Patriots
Coach of the Year IBL 2021 : David Singleton – KAI Bima Perkasa Jogja
Defensive Player of the Year IBL 2021 dan MVP IBL 2021 : Jamarr Andre Johnson – Louvre Dewa United Surabaya.

Sponsored Content
Back to top button