Internasional

WHO Tetapkan Target Baru soal Vaksinasi Negara Termiskin Ditetapkan

INDOPOSCO.ID – Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menetapkan target baru untuk melindungi negara-negara termiskin, saat pandemi Covid-19 diperburuk dengan “skandal ketidakadilan” dalam distribusi vaksin.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus memperingatkan, tidak ada negara yang boleh berasumsi telah “keluar dari masalah” –tidak peduli seberapa tinggi tingkat vaksinasinya– selama virus SARS-CoV-2 dan variannya masih menyebar ke wilayah-wilayah lain.

“Dunia masih berada dalam situasi yang sangat berbahaya,” kata Tedros pada pembukaan pertemuan tahunan menteri kesehatan dari 194 negara anggota WHO, Senin (24/5).

“Sampai hari ini, lebih banyak kasus yang dilaporkan sepanjang tahun ini dibandingkan seluruh tahun 2020. Pada tren saat ini, jumlah kematian akan melampaui total tahun lalu dalam tiga minggu ke depan. Ini sangat tragis,” ujar Tedros, memaparkan.

Dia mengatakan lebih dari 75 persen dari semua vaksin telah diberikan hanya di 10 negara.

“Tidak ada cara diplomatis untuk mengatakannya: sekelompok kecil negara yang membuat dan membeli sebagian besar vaksin dunia mengendalikan nasib bagian dunia lainnya,” tutur Tedros.

Fasilitas COVAX, yang dijalankan oleh WHO dan Aliansi Vaksin GAVI, telah mengirimkan 72 juta dosis vaksin ke 125 negara dan ekonomi sejak Februari –hampir tidak cukup untuk satu persen populasi mereka, kata Tedros.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button