Nasional

WHO Kirim Bantuan ke Indonesia 700 Oksigen Konsentrator

INDOPOSCO.ID – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendatangkan 700 unit oksigen konsentrator berikut peralatan pendukung ke Indonesia untuk membantu penanganan pasien yang membutuhkan.

“Kita tidak mampu melawan pandemi ini sendirian, kita harus melakukannya bersama- sama. Kita tidak bisa secara khusus menyelamatkan grup, organisasi, ataupun negara tertentu saja. Kita harus bekerja secara inklusif dengan semua kelompok masyarakat di dunia untuk mengatasi pandemi ini,” tutur Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta seperti dikutip Antara, Senin (9/8).

Budi menjelaskan peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia memberikan tekanan yang signifikan pada sistem layanan kesehatan. Salah satu tantangan yang mendesak yakni menjaga pasokan oksigen yang cukup untuk merawat pasien dengan penyakit Covid-19.

Sejak bantuan oksigen konsentrator itu tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Jumat (6/8), Kementerian Kesehatan segera mengalokasikan alat bantu pernapasan tersebut untuk sarana kesehatan yang tersebar di Indonesia.

“Kita menyambut baik serta menghargai dukungan kepada Indonesia dalam upaya kita melawan pandemi Covid-19,” tuturnya.

Perwakilan WHO di Indonesia Dr N Paraniethara memberikan dukungan teknis untuk Kementerian Kesehatan melalui para mitra dengan mengerahkan staf teknis membantu Kementerian Kesehatan dalam mengatasi pandemi.

Menurut Paraniethara, WHO juga mendukung upaya pemangku kepentingan di Indonesia untuk mempercepat pemerataan vaksinasi nasional dalam rangka melindungi penduduk Indonesia mulai dari yang paling rentan.

“Mobilisasi alat pendukung kritis untuk mengatasi Covid-19 ke Indonesia merupakan salah satu upaya yang menunjukkan solidaritas global untuk mengatasi ancaman global,” tuturnya.

dia menjelaskan WHO sudah mendapat laporan terkait keterbatasan persediaan oksigen akibat perawatan intensif di rumah sakit sempat melebihi kapasitas tampung pelayanan yang tersedia. (mg2)

Sponsored Content
Back to top button