Nusantara

WH Bakal Usul Opsi Pembatalan Pinjaman Daerah ke DPRD Banten

INDOPOSCO.ID – Gubernur Banten Wahidin Halim akan mengusulkan opsi pembatalan pinjaman daerah tahap II senilai Rp4,1 triliun kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten. Ini mengingat, ada bunga enam persen yang harus ditanggung.

Usulan itu akan dilayangkan melalui surat resmi dalam waktu dekat ini. Pria yang kerap disapa WH itu mengusulkan tiga opsi. Pertama, pembatalan pinjaman daerah. Kedua, kelanjutan proyek strategis. Ketiga, resiko tanggungan bunga.

“Pinjaman daerah kita buat konsep, nanti kita minta pendapat ke dewan. Tiga hal itu saja yang dijadikan opsi. Minggu ini (minta pendapat dewan, red),” katanya saat ditemui di Pendopo Gubernur Banten, Senin (5/4/2021).

Ia menyebutkan, bukan hanya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten yang melakukan pinjaman. Provinsi lain seperti Jawa Barat juga melakukan pinjaman. Koordinasi akan dilakukan untuk menempuh langkah yang terbaik dengan provinsi lain.

“Sekarang lagi berikirim suat ke Menteri Keuangan dan juga mesti dibahas kembali karena di PKS (Perjanjian Kerjasama) nol persen. Ternyata bukan kita saja, yang lain sudah pinjam, Jawa Barat dan lain-lain. Nanti kita kan koordinasi dengan teman-teman provinsi lain, apakah ada usulan atau opsi baru, kita belum ada, jadi masih proses,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button