Gaya Hidup

WFH Kembali Marak Menyusul PPKM Darurat, Serangan Siber Meningkat

INDOPOSCO.ID – Pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali. Hal ini disusul dengan kembali diberlakukannya Work From Home (WFH).

President Director PT ITSEC Asia, Andri Hutama Putra mengatakan, peningkatan kegiatan WFH menyusul penerapan PPKM darurat ini harus diketahui pengguna internet dalam mencegah serangan siber.

“Indonesia saat ini tengah menghadapi lonjakan kasus Covid-19, munculnya varian baru yaitu Delta yang memiliki tingkat penularan yang jauh lebih cepat,” ujarnya kepada INDOPOSCO, Jumat (16/7/2021).

Kondisi penetapan WFH di tengah pandemi Covid-19 ini membuat aktivitas serangan siber meningkat. Mengutip data dari We are Social-Hootsuite: jumlah pengguna internet di Indonesia bertambah sebesar 27 juta pengguna per Januari 2021 dibanding Januari 2020 atau meningkat sebesar 15,5 persen pada periode tersebut.

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI mencatat sebanyak 448.491.256 serangan siber terjadi pada periode Januari – Mei 2021 di tengah pandemi Covid-19. Kategori serangan siber terbanyak adalah malware, aktivitas trojan dan kebocoran informasi.

“Kapersky mengunkapkan sebanyak 12 juta serangan siber mengincar pekerja jarak jauh Indonesia dalam kurun waktu 2 bulan (Januari – Februari 2021),” katanya.

Dalam hal ini, ada beberapa tips penting menjaga keamanan dari serangan siber menyusul pelaksanaan PPKM Darurat, di antaranya cek seberapa kuat password anda, gunakan gabungan dari huruf besar, simbol dan angka agar password anda kuat dan tidak mudah ditebak. (arm)

Sponsored Content
Back to top button