Internasional

Wastra Nusantara Ikut Perkuat Diplomasi Indonesia

INDOPOSCO.ID – Wakil Kepala Perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Roma, Italia, Leffianna Ferdinansus mengatakan wastra Nusantara seperti batik juga ikut memperkuat diplomasi Indonesia di kancah internasional, termasuk di Italia.

“Kami menyambut baik penguatan diplomasi wastra khususnya batik Indonesia. Oleh karenanya, kami bangga dengan kerja sama ini dan dapat menghadirkan Batik Durian dari Lubuklinggau, Sumatera Selatan, untuk ikut tampil di Milan Fashion Week tahun ini,” kata Leffianna dalam jumpa virtual seperti dikutip Antara, Kamis (14/10/2021).

Lebih lanjut, ia mengatakan momentum partisipasi desainer dan pengenalan wastra Indonesia perlu dijaga. “Menjaga kehadiran (batik) di pekan mode penting dan terus dilakukan. Kami mendukung penuh,” kata dia.

Menurut Leffianna, “diplomasi wastra” ini senada dengan UNESCO yang menetapkan batik sebagai salah satu warisan dunia dari Indonesia. “Ini adalah capaian positif bagi diplomasi Indonesia,” ujarnya.

Pemerintah Indonesia pun memberikan dukungan bagi industri ekonomi kreatif untuk pembangunan berkelanjutan. Ia menyebutkan, di tahun 2019, industri kreatif menyumbangkan setidaknya Rp1,1 triliun bagi PDB Indonesia dengan tingkat subsektor terbesar yaitu kuliner, fesyen, dan kriya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button