Nasional

Waspadai! Penggunaan Antibiotik Tanpa Indikasi Bisa Timbulkan Resistensi

INDOPOSCO.ID – Antibiotik azitromicin yang digunakan sembarangan dalam jumlah besar dan tanpa indikasi yang benar akan timbul resistensi. Pernyataan tersebut diungkapkan Ketua Satgas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Profesor Zubairi Djoerban dalam acara daring, Minggu (18/7/2021).

Dia mengatakan, azitromicin adalah jenis obat antibiotik yang bermanfaat untuk menyelamatkan nyawa seseorang yang terinfeksi bakteri.

“Yang resisten bukan kita tapi bakteri yang sering diberikan azitromicin. Kalau bakteri ini resisten, maka akan sulit diatasi,” ujarnya.

Ia menyebut, saat ini bakteri masih relatif mudah diatasi. Sebagai makhluk hidup, menurut dia, bakteri akan bertahan hidup saat diberikan antibiotik.

“Kalau bakteri ini sering diberikan antibiotik, maka dia tidak mempan lagi kalau terpapar antibiotik yang sama,” terangnya.

“Dan ini akan menimbulkan masalah kesehatan dikemudian hari,” imbuhnya.

Sebelumnya, pemerintah memutuskan untuk melarang penggunaan Oseltamivir dan Azitromisin kepada pasien Covid-19. Keputusan ini diterbitkan dalam revisi Panduan Tatalaksana Pengobatan Covid-19 dari Lima Organisasi Profesi pada 14 Juli 2021 lalu.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan pemberian antibiotik pada kasus Covid-19 berat dan tidak dianjurkan pemberian antibiotik rutin pada kasus Covid-19 ringan. (nas)

Sponsored Content
Back to top button