Nasional

Waspada BKC Palsu, Bea Cukai Gelar Sosialisasi Identifikasi Pita Cukai

INDOPOSCO.ID – Guna meningkatkan pemahaman dan kewaspadaan terhadap peredaran barang kena cukai (BKC) berpita cukai ilegal, Bea Cukai di berbagai daerah gelar sosialisasi identifikasi pita cukai desain tahun 2021 yang mengusung tema biota laut.

Plt Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, M. Hatta Wardhana, mengatakan “Pita cukai desain tahun 2021 mengusung tema biota laut. Secara kasat mata, dapat terlihat bentuk tanaman dan hewan di bawah laut seperti anemon laut, ikan, dan gelembung-gelembung sebagai visual pendukung dalam desain, serta dilengkapi dengan beberapa fitur seperti serat kasat mata berwarna cokelat dan jingga pada pita cukai yang dapat memperkuat keaslian pita cukai.”

Dari data jumlah hasil identifikasi sampel pita cukai tahun 2020 oleh Perum Peruri, pita cukai palsu yang beredar di pasar masih ada sebanyak 22%, pita cukai bekas sebanyak 39% dari total sebanyak 1 juta sampel.

“Penerimaan cukai berperan aktif dalam menjaga ekonomi agar tidak merosot khususnya dimasa pandemi. Identifikasi pita cukai juga dipermudah dengan aplikasi dari Perum Peruri, sehingga Bea Cukai bisa semakin baik dalam mengawasi dan meminimalisir peredaran BKC dengan pita cukai illegal,” ungkap Hatta.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button