Internasional

Wartawan Jepang Minta Junta Myanmar Bebaskan Rekannya yang Ditahan

INDOPOSCO.ID – Sekelompok jurnalis di Jepang pada Selasa (20/4/2021) meminta junta Myanmar untuk membebaskan seorang kolega, Yuki Kitazumi, wartawan Jepang yang ditahan di Yangon menyusul tindakan keras terhadap media di tengah protes terhadap penggulingan pemerintah terpilih oleh militer.

“Kami ingin junta berhenti menindas warga Myanmar, dan kami mengupayakan pembebasan secepatnya dari banyak jurnalis yang ditahan, termasuk Kitazumi, yang berusaha untuk mengatakan yang sebenarnya,” kata Isoko Mochizuki pada sebuah konferensi pers.

Mochizuki adalah sesama jurnalis dan teman lama Kitazumi.

Berita Terkait

Kelompok jurnalis tersebut memulai petisi daring pada Senin (19/4/2021) yang ditujukan kepada junta Myanmar dan pemerintah Jepang untuk meminta pembebasan Kitazumi. Sejauh ini sekitar 2 ribu orang telah menandatangani petisi tersebut.

Para wartawan telah meminta pemerintah Jepang untuk lebih menekan pemerintah Myanmar untuk membebaskan Kitazumi, yang ditahan pada Minggu malam (18/4/2021) oleh militer Myanmar di luar rumahnya di Yangon karena diduga “menyebarkan kebohongan”.

“Ini sama sekali tidak terasa seperti pemerintah Jepang memberikan tekanan yang cukup ke Myanmar,” ujar direktur Human Rights Watch Jepang Kanae Doi pada konferensi pers.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button