Nusantara

Warga Pamekasan Manfaatkan Ramuan Tradisional di Masa Pandemi

INDOPOSCO.ID – Sebagian warga di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur yang tinggal di pedesaan memanfaatkan ramuan tradisional untuk meningkatkan imunitas tubuh dan sebagai upaya dalam mencegah penyebaran virus corona saat ini.

“Sebab, selain lebih mudah didapat, ramuan tradisional ini juga memiliki banyak khasiat, apalagi dari tumbuh-tumbuhkan yang biasa dijadikan bahan dasar obat-obatan,” kata seorang warga di Desa Kertagena Laok, Kecamatan Kadur, Pamekasan, Robiah di Pamekasan, Rabu (14/07/2021).

Ibu dua orang anak ini mengaku, sejak pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia, dan telah banyak warga yang terpapar corona, dirinya rutin mengonsumsi daun sirih dengan cara dimasak dan dijadikan minuman sehari-hari.

“Jadi, daun sirihnya ini dimasak, lalu dijadikan minuman. Obat ini biasa dikonsumsi oleh keluarga kami, saat merasa tidak enak badan, seperti flu, atau batuk-batuk,” katanya, dikutip dari Antara.

Selain daun sirih, makanan jenis lain yang juga biasa dikonsumsi masyarakat di desa ini, daun kelor.

“Sebab, kata dokter, daun kelor ini juga banyak manfaatkannya, baik untuk kesehatan, maupun mengobati bermacam jenis penyakit, disamping juga mengandung vitamin,” ujar Robiah.

Tidak hanya Robiah, warga lain di desa ini juga mengakui hal yang sama. Selain keberadaannya memang mudah diterima, karena banyak ditanam di sekitar pekarangan rumah warga, daun sirih dan daun kelor ini juga bisa menjadi pengganti obat pabrik di apotek yang akhir-akhir ini mulai langka di Kabupaten Pamekasan.

Kepala Bidang Pengedalian dan Pencegahan Penyakit pada Dinas Kesehatan Pamekasan dr Nanang Suyanto membenarkan tentang manfaat daun sirih dan daun kelor bagi kesehatan dan mengobati berbagai jenis penyakit.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button