Nasional

Warga Kerap Diminta Fotokopi e-KTP, Ini Penjelasan Dirjen Dukcapil

INDOPOSCO.ID – Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh buka suara terkait perbincangan di media sosial soal KTP elektronik yang masih difotokopi untuk urusan birokrasi.

Zudan menduga bahwa lembaga yang meminta fotokopi KTP-el belum bekerja sama dengan Ditjen Dukcapil dan belum menggunakan Card Reader. Sebab, lazimnya sudah ada beberapa lembaga yang tidak memakai fotokopi KTP-el lagi.

“Kalau ada lembaga yang meminta fotokopi, saya menduga belum kerja sama dengan Dukcapil. Jadi dia masih kerja manual. Coba lihat contoh urusan di BPJS Kesehatan, itu kan sudah tidak minta lagi. KTP-el sudah dibaca dengan card reader. Sebagian besar bank seperti Bank BRI, Bank BCA, Bank Mandiri, BNI itu sudah tidak menggunakan fotokopi lagi,” ujar Zudan dalam keterangannya, Jumat (5/3/2021).

Bahkan, kata Zudan mencontohkan, verifikasi tamu yang datang ke Kemendagri di Medan Merdeka Utara atau di Dukcapil Pasar Minggu hanya perlu tap layaknya e-money. “Kalau datang ke kantor Kemendagri, sudah di-tap seperti itu,” ucapnya.

Lebih lanjut, Zudan menjelaskan bahwa KTP-el sudah dilengkapi chip yang berisi data kependudukan. “Chip dalam KTP elektronik itu bisa terbaca hanya dengan men-tap di card reader,” jelasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button