Nusantara

Warga Baduy Kunjungi Rumah Dinas Kapolda Banten, Uday: Ini Sejarah Baru

INDOPOSCO.ID – Puluhan warga Baduy mengunjungi Rumah Dinas Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Rudy Heriyanto Adi Nugroho usai menunaikan tradisi Seba Baduy 2021 di Kabupaten Serang, Minggu (23/5/2021).

Berdasarkan pantauan, setelah melakukan ritual Seba atau kunjungan ke Pendopo Bupati Kabupaten Serang, puluhan perwakilan warga Baduy berkunjung ke Rumah Dinas Kapolda Banten.

“Sejarah baru di lingkungan Kepolisian Daerah Banten, baru kali ini kapolda mengundang delegasi warga Baduy untuk silaturahmi dan menyerap aspirasi mereka,” ujar pemerhati adat Baduy, Uday Suhada saat mendampingi warga Baduy, Minggu (23/5/2021).

Sebelumnya, kata Uday, sepanjang sejarah Seba Baduy belum pernah kapolda Banten berinisiatif untuk mengundang warga Baduy bersilaturahmi serta melakukan dialog, bicara tentang adat Baduy.

“Pelipur kekecewaan mereka karena kepala daerah yang menemui mereka hanya di Lebak. Sedangkan di Pandeglang, Serang dan Provinsi Banten tidak ada yang menemui, melainkan diwakilkan. Makanya mereka senang sekali saat kapolda mengundang silaturahmi,” ujarnya.

Uday menuturkan, kedatangan warga Baduy ke Rumah Dinas Polda Banten merupakan inisiatif kapolda, lantaran prihatin dengan kerusakan alam yang terjadi di wilayah Labak.

Saat ditemui, tetua adat Baduy sekaligus Kepala Desa Kanekes Jaro Saija mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho yang telah menerima secara langsung kedatangan masyarakat Baduy di rumah dinasnya.

“Alhamdulillah kami diterima baik oleh Bapak Kapolda Banten dan Ibu, kami mengucapkan terima kasih,” katanya.

Jaro Saija menjelaskan, masyarakat Baduy baru pertama kali diundang oleh Kapolda Banten dalam upacara Seba Baduy.

“Kami mengadakan upacara seba tahunan, baru sekaranglah Bapak Kapolda Banten mengundang kami. Mudah-mudahan Bapak Kapolda Banten yang sekarang dicurahkan berkah selamat, subur dan makmur. Dan kami merasa bangga telah di undang Bapak Kapolda Banten,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho mengatakan, kedatangan perwakilan masyarakat Baduy ke rumah dinasnya merupakan suatu penghormatan.

“Saya merasa terhormat sekali kehadiran para sesepuh dari adat Baduy, dan ini merupakan suatu penghormatan bagi saya sebagai kapolda didatangi para sesepuh dan para Jaro di rumah dinas saya,” ujar dia.

Rudy menjelaskan, ia sengaja mengundang perwakilan masyarakat Baduy ke rumah dinasnya bertujuan untuk bersilaturahmi dengan para sesepuh adat Baduy.

“Saya meminta supaya diadakan silaturahmi ini pada saat adanya Seba Baduy. Pertama-tama saya ingin kenalan, saya ingin silaturahim dengan para sesepuh dari adat Baduy. Dan sekaligus bertukar pikiran dalam rangka kita bisa mencari solusi yang selama ini belum bisa diselesaikan,” ujar dia.

“Dan sejak awal saya menjabat saya langsung sowan kepada sesepuh-sesepuh yang ada di Baduy, itu menunjukkan bahwa saya sangat peduli sekali dengan warga Baduy,” tambahnya. (dam)

Sponsored Content
Back to top button