Nasional

Wapres Sebut Ceramah Keagamaan Masih Singgung Khilafah

INDOPOSCO.ID – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan ceramah keagamaan di berbagai daerah masih sering menyinggung tentang wacana pendirian negara Islam atau negara khilafah.

“Hal ini menjadi penting ketika dalam ceramah-ceramah keagamaan kini masih sering diselipi dengan wacana-wacana tentang pendirian negara Islam atau negara khilafah, walaupun organisasi-organisasi yang mengusung tema itu kini sudah tidak aktif lagi,” kata Wapres dilansir dari Antara saat memberikan sambutan dalam acara Bedah Buku “Darul Misaq: Indonesia Negara Kesepakatan”, secara daring dari Jakarta, Senin (7/6/2021).

Selain itu, lanjutnya, penolakan terhadap Pancasila serta penggunaan kekerasan atau teror berkedok jihad untuk perwujudan negara khilafah masih terjadi saat ini.

“Ideologi perjuangan intoleran dan kekerasan tersebut dipengaruhi oleh gerakan-gerakan Islam transnasional yang disebabkan oleh pemahaman tekstual terhadap Alquran,” kata Wapres.

“Ideologi transnasional yang keras itu memang tidak terlepas dari pemahaman mereka terhadap teks-teks Al Quran dan hadits secara literal dan kaku, sehingga mereka memiliki sikap yang intoleran dan radikal,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button