Nasional

Wamen PUPR “Sentil” Kepala Daerah Sulteng yang Lamban Tangani Rehabilitasi Bencana

INDOPOSCO.ID – Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Wamen PUPR) Jhon Wempi Wetipo menyentil kepala daerah yang terdampak bencana tahun 2018 di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) karena hingga sekarang belum menuntaskan rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab rekon).

Ia menilai kegiatan rehab rekon yang telah berlangsung 2,5 tahun di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala itu cukup lama dan pergerakan beberapa kepala daerah dalam menuntaskan persoalan tersebut terkesan lamban, terutama dalam menyediakan dan menentukan lahan untuk pembangunan hunian tetap (huntap).

Padahal Kementerian PUPR telah siap kapan saja membangun huntap bagi seluruh penyintas bencana lengkap degan sarana dan prasarananya jika lokasi lahan tersebut telah ditetapkan dan dibebaskan serta tidak terjadi sengketa kepemilikan oleh warga maupun pihak manapun di lahan tersebut.

“Saya ingin mereka peduli dan harus serius. Kalau tidak peduli dan serius maka sampai kapanpun rehab rekon ini tidak akan pernah selesai. Penyelesaian rehab rekon ini di tangan pemerintah provinsi, kota dan kabupaten,” kata John Wempi seperti dikutip Antara, Kamis (27/5/2021).

Ia menyatakan Kementerian PUPR telah mengantongi dana untuk penyelesaian rehab rekon di tiga daerah terdampak bencana 2018 di Sulteng yang berasal dari pinjaman Bank Dunia, Bank Pembangunan Asia dan Japan International Cooperation Agency (JICA).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button