Nasional

Wali Kota Bogor: Banyak Faktor Penyebab Banjir di Ibu Kota Negara

INDOPOSCO.ID – Wilayah hulu yakni Bogor sering menjadi tertuduh penyebab banjir di Jakarta, padahal banyak faktor yang menjadi penyebab banjir di ibu kota negara.

“Aliran air dari hulu memang menjadi salah satu penyebab banjir di Jakarta, tapi jika tinggi muka air di Bendung Katulampa Siaga 1. Pada Sabtu (20/1) kemarin, tinggi muka air di Bendung Katulampa hanya Siaga 3,” kata Wali Kota Bogor, Bima Arya, Minggu (21/2/2021), menjawab pertanyaan wartawan yang meminta tanggapannya mengenai penyebab banjir di Jakarta, dilansir Antara.

Menurut dia, sebagian lokasi di Jakarta sudah tergenang banjir. Itu artinya volume air di Jakarta sudah tinggi.

Bicara hulu, kata Bima, bukan sekadar bicara kiriman air dari Bogor, tapi juga bicara kondisi daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung dari hulu menuju ke hilir di Jakarta.

“Penyebab banjir di Jakarta, di antaranya juga dipengaruhi oleh kondisi DAS Ciliwung ke Jakarta, yang banyak dibangun rumah liar, banyak sampah dan limbah, dan terjadi pendangkalan,” katanya.

Menurut Bima, dari ekspedisi Ciliwung yang dilakukannya mulai dari Kota Bogor sampai ke Pintu Air Manggarai di Jakarta, pada Rabu dan Kamis, 10-11 November 2020, dirinya telah berkirim surat kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button