Megapolitan

Wagub DKI: Yang Punya Keluarga Autisme Tetap Semangat

INDOPOSCO.ID – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria dalam rangka menyambut Hari Peduli Autisme Internasional setiap tanggal 2 April mengajak masyarakat Jakarta yang anggota keluarganya memiliki autisme agar tetap semangat meski di tengah-tengah pandemi.

“Dalam menyambut Hari Peduli Autisme Internasional di tengah pandemi ini, tetap semangat pada semua masyarakat, termasuk anak-anak kita saudara kita yang autis, ikuti tahapan penanganan, ketentuan dan aturan prosedur SOP apa yang disarankan oleh pakar, para ahli, RS, pendidik laksanakan semua,” kata Riza kepada Antara di Balai Kota Jakarta, Selasa (6/4/2021) malam.

“Yang penting (dalam keadaan Covid-19 ini) betul-betul beri perhatian yang lebih untuk anak-anak kita dan saudara-saudara kita yang autis,” ucap Riza.

Lebih lanjut, Riza menjamin kebutuhan penderita autisme di Jakarta tetap bisa terlayani, terutama kebutuhan untuk terapi selama Covid-19 ini di mana banyak masyarakat yang menghentikan terapi selama Covid-19 ini, karena khawatir tertular atau karena tutup.

“Sudah diatur (protokol kesehatannya), dan tempat terapi diperbolehkan dibuka. Semoga pandemi ini cepat berakhir dan kita semua diberikan kekuatan dan keselamatan,” ucap Riza menambahkan.

Diketahui, sejak pandemi Covid-19 merebak di Indonesia pada Maret 2020, banyak tempat terapi yang tutup selama beberapa bulan selain karena pembatasan, juga karena kekhawatiran masyarakat akan penyebaran Covid-19 ini, efeknya penderita autisme tidak mendapatkan intervensi simulasi terapi yang dibutuhkan.

Menurut Orthopedagog Nuryanti Yamin, dengan ketiadaan intervensi simulasi seperti terapi bicara, motorik (gerakan), hingga terapi belajar (kognitif), kemampuan penderita autisme yang harusnya bisa terus berkembang menjadi terhenti perkembangannya, bahkan bisa menurun seperti jalan jadi tidak seimbang akibat tidak dapat stimulasi motorik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button