Megapolitan

Wagub Banten: IPM Kota Tangsel Tahun 2020 Sangat Tinggi

INDOPOSCO.ID– Wakil Gubernuer (Wagub) Banten Andika Hazrumy mengatakan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tahun 2020 menempati urutan pertama di Provinsi Banten yaitu sebesar 81,36 poin.

Angka tersebut, kata Andika, menunjukkan bahwa Kota Tangsel menempati status pembangunan manusia dalam kategori sangat tinggi.

Hal itu disampaikan Andika Hazrumy ketika bersama Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany mendampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meresmikan Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Tangsel, Kamis (15/4/2021).

Pemkot Tangsel merupakan kabupaten/ kota kedua di Provinsi Banten yang mendirikan MPP sesuai amanat Permen PANRB Nomor 23 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan MPP.

Andika merinci, angka rata-rata lama sekolah di Kota Tangsel pada tahun 2020 mencapai 11,81 tahun. Harapan lama sekolah mencapai 14,47 tahun. Angka usia harapan hidup mencapai 72,47 tahun.

Berdasarkan hal tersebut, kata Andika, kehadiran MPP Kota Tangsel akan memberikan multi dampak terhadap peningkatan capaian pembangunan di Kota Tangsel pada khususnya dan Provinsi Banten pada umumnya.

“Kehadiran Mal Pelayanan Publik Kota Tangsel juga akan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu Menpan RB Tjahjo Kumolo mengatakan, birokrasi hadir untuk melayani, bukan dilayani karena mereka representasi dari pemerintah dan cermin sebuah negara. Untuk itu, kehadiran MPP bisa mendorong menguatnya budaya Aparatur Sipil Negara (ASN) melayani masyarakat.

“Setelah tiga bulan lalu saya meresmikan MPP Pandeglang. Alhamdulillah hari ini Kota Tangsel menjadi yang kedua di Provinsi Banten yang memiliki MPP,” kata Tjahjo.

“Saya mengingatkan MPP harus bisa menghilangkan ego sektoral antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), antarinstansi, serta bisa membangun kerja sama, bangun budaya melayani,” tambahnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button