Headline

Waduh Ada yang BAB Sembarangan di Batas RI-Malaysia

INDOPOSCO.ID – Kebiasaan masyarakat buang air besar (BAB) sembarangan atau open defecation free (ODF) di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia membuat prihatin Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar). Karenanya, lima desa di Kecamatan Batang Lupar wilayah mendeklarasikan stop BAB sembarangan.

Lima desa tersebut antara lain Desa Sei Ambau, Labian, Labian Ira’ang, Sungai Ajung dan Desa Setulang. “Terima kasih kepada lima desa yang telah berkomitmen untuk hidup sehat dan bersih dengan tidak buang air besar sembarangan. Itu semua tentu berkat kerja sama semua pihak terlebih lagi kesadaran masyarakat,” kata Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, saat menghadiri deklarasi stop BAB sembarangan di Kecamatan Batang Lupar Kapuas Hulu, Senin (7/6/2021).

Disampaikan Fransiskus, pola hidup bersih penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk menghindari berbagai penyakit serta untuk kualitas hidup yang sehat.

Menurut dia, pola hidup sehat tersebut juga sejalan dengan upaya dalam memerangi sebaran Covid-19, terutama dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Pemkab Kapuas Hulu sangat mendukung komitmen masyarakat dalam menerapkan pola hidup sehat dengan stop buang air besar sembarangan, yang tidak kalah penting saat ini yaitu terapkan protokol kesehatan,” ucap Fransiskus dilansir Antara.

Camat Batang Lupar Ilhamsyah mengatakan deklarasi itu bukanlah hasil akhir dari pencapaian lima desa di Batang Lupar, namun juga bagian untuk memicu dan memotivasi desa yang ada di Kecamatan Batang Lupar yang belum di deklarasi stop BAB sembarangan.

“Deklarasi itu bukan sekedar kita ucapkan, tetapi suatu komitmen yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ilhamsyah. (aro)

Sponsored Content
Back to top button