Nasional

Wacana Duet Puan-Anies Belum Terlihat Cocok, ini Alasannya

INDOPOSCO.ID – Munculnya usulan duet Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kian santer dibicarakan, dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang.

Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komaruddin mengatakan, wacana dipasangkannya Puan dengan Anies sebagai calon presiden dan calon wakil presiden bisa saja terjadi. Hanya saja, masih harus melihat peta politik kedepan.

“Dalam politik semua serba mungkin. Soal apakah bisa terwujud atau tidak. Itu tergantung dari dinamika politik yang terjadi kedepan,” kata Ujang melalui gawai di Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Meski Puan sangat berpeluang mendapatkan tiket untuk kontestasi di pilpres 2024 dari Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP). Namun, tetap melihat survei elektabilitas keduanya pada bursa calon presiden

“Karena harus melihat peluang menang dan elektabilitas keduanya hingga nanti,” tutur Direktur Eksekutif Indonesia Political Review itu.

Bahkan tak menjamin wacana duet pasangan calon presiden dan calon wakil presiden itu, menjadi yang terkuat untuk pilpres 2024. Lantaran belum terlihat kandidat lain yang akan berebut jabatan tersebut.

“Belum tentu (kandidat terkuat). Karena belum kelihatan pasangan lawan politiknya dan ada berapa pasangan calon (paslon),” nilai Ujang.

Terlebih muncul sejumlah nama tokoh yang digadang-gadang untuk pilpres 2024. Sebut saja, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

“Semua masih memiliki peluang yang sama, baik sebagai capres maupun cawapres,” cetus Ujang.

Sementara menakar keserasian duet antara Puan dan Anies masih belum terprediksi. Sebab, aspek keterpilihan kedua tokoh itu dalam Pilpres 2024 cukup berbeda.

“Belum kelihatan cocoknya. Karena Anies elektabilitasnya lumayan. Sedangkan Puan elektabilitasnya belum kelihatan,” tandasnya.

Politisi PDIP Effendi Simbolon sebelumnya mengusulkan agar Ketua DPP PDIP Puan Maharani disandingkan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di pilpres 2024. (dan)

Sponsored Content
Back to top button